4 Daerah Mengajukan Menjadi Wisata Halal

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat (Disparbud Jabar) menerima permohonan 3 Kabupaten dan 1 Kota di Jabar untuk ditetapkan menjadi wisata halal.

Kepala Disparbud Jabar Ida hernida mengatakan, tiga kabupaten itu di antaranya Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cirebon juga mengajukan hal yang sama.

’Untuk menjadi daerah wisata halal nantinya akan ada dari Kementrian Pariwisata RI dan Dinas pariwisata dan Kebudayaan Jabar yang akan melakukan assesment ke keempat daerah tersebut.

’’Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi, keempat daerah tersebut bisa ditetapkan sebagai daerah wisata halal,” ujar Ida kepada wartawan kemarin. (4/9).

Menurutnya, tim khusus ini akan melakukan penilaian dan peninjauan secara langsung setelah itu akan menetapkan wisata halal.

Menurut Ida, salah satu ciri wisata halal, adanya sertifikasi halal di setiap restoran, hotel maupun objek lainnya. Sedangkan untuk destinasi lain, seperti kolam renang maupun lainnya yakni adanya ruang khusus untuk perempuan dan laki-laki.

’’Ini semua bergantung pada manejemen (pengelola) destinasi wisata yang bisa membedakan mana tempat untuk laki-laki dan perempuan, tidak disatukan begitu saja,” kata dia.

Ida mengaku bersyukur sejumlah daerah sudah mau mengajukan dan mendeklrasikan destinasi wisata halal. Padahal kata Ida, pihaknya sudah menetapkan Jabar sebagai destinasi halal sejak setahun lalu, namun belum mendapat respon positif dari setiap daerah.

’’Hal ini dikarenakan, warga Jabar mayoritas muslim sehingga penetapan wisata halal kurang begitu penting,” tandasnya.

Padahal kata Ida, bukan seperti itu, sekalipun mayoritas muslim tetap harus ada setfikat halal di setiap rumah makan, restoran maupun hotel dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Begitu pun dengan destinasi wisata, harus terdapat tempat ibadah yang dibedakan antara perempuan dan laki-laki.

’’Hal ini yang masih kurang dipahami oleh pengelola wisata maupun masyarakat,” tandasnya.

Ida berharap langkah yang dilakukan Kabupaten Garut dan tiga daerah lainnya bisa diikuti oleh daerah lainnya untuk mengajuka wisata halal. Dengan demikian wisata halal di Jabar bisa berkembang dengan baik.

’’Ke depan, Jabar bisa mendeklarasikan diri sebagai destinasi wisata halal,” katanya. (bbs/yan))

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan