Jusuf Hamka Gantikan Agus Gumiwang

JAKARTA – Dipilihnya Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menjadi Menteri Sosial (Mensos) berimbas pada posisinya di Tim Kampanye Nasional (TKN) sebagai Bendara Umum II. Sebab posisinya di tim pemenangan pasangan calon Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dipertanyakan.

Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto memastikan jika posisi AGK akan digantikan oleh Jusuf Hamka. Keputusan itu diambil karena Jokowi ingin kabinet kerjanya tetap beroperasi maksimal.

”Sesuai dengan kebijakan bapak Presiden bahwa Menteri berkonsentrasi utama pada tugas-tugas bangsa dan negara, sehingga posisi Pak Agus Gumiwang sebagai komponen bendahara digantikan oleh bapak Jusuf Hamka,” ujar Hasto di Jalan Cemara Nomor 19, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin (28/8).

Anak angkat Buya Hamka itu dinilai potensial menggantikan AGK. Latar belakangnya sebagai pencetus ‘warung nasi Rp 3.000 makan sepuasnya’, dianggap dapat menggerakkan masyarakat dengan baik.

”Beliau juga punya pengalaman yang luas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat gotong royong, dengan demikian beliau (cocok) menggantikan posisi Pak Agus Gumiwang,” jelasnya.

Dengan ditunjuknya Jusuf diharapkan akan membuat kerja TKN semakin efektif. Serta semakin maksimal dalam mensosialisasikan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Lebih jauh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu telah mengintruksikan kepada jajarannya untuk terus membentuk tim kampanye di daerah-daerah. Sehingga proses konsolidasi bisa berjalan dengan baik.

”Kemudian efektivitas tim kampanye juga terus menerus dilakukn konsolidasi membentuk tim kampanye di daerah-daerah terus dilakukan. Dalam hal ini bapak Lodewijk dan Abdul Kadir Karding ditugaskan untuk mempercepat proses konsolidasi pembentukan tersebut,” pungkas Hasto. (sat/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan