Silat Ladang Emas Indonesia

JAKARTA – Cabang olahraga Pencak Silat benar-benar menjadi ladang medali emas bagi kontingen Indonesia pada ajang Asian Games XVIII tahun 2018.

Setelah kemarin (27/8) mempersembahkan 3 (tiga) medali emas pada siangharinya, pada partai final sejumlah nomor yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Lanjut pada sore hari dari cabang yang sama kembali menambah 4 medali emas bagi kontingen Indonesia.

Keempat tambahan medali emas bagi Indonesia itu masing-masing dipersembahkan oleh Komang Harik Adi Putra pada nomor tunggal putra E kelas 65-70 kg. Komang dinyatakan menang tehnik, setelah lawannya Mohd. Jamari dari Malaysia mengundurkan diri beberapa saat sebelum pertarungan selesai.

Sedangkan emas ke-18 dipersembahkan oleh pesilat Iqbal Candra Pratama yang memenangkan nomor D: 60-65 kg. Ia mengalahkan lawannya Noch Toan Nguyen dari Vietnam.

Medali emas ke-19 dipersembahkan oleh Sarah Tria Monita dari dari nomor C: 55-60 kg, setelah mengalahkan pesilat Laos Nong Oy Vongphakdy.

Dan medali emas ke-20 dipersembahkan oleh Abdul Malik dari nomor kelas B: 50-55 kg. Abdul Malik mengalahkan lawannya, pesilat dari Malaysia, M. Nasir Muhammad Faizul.

Sebelumnya Puspa Arumsari meraih poin tertinggi 467, mengalahkan saingan terdekatnya pesilat Singapura Nurzuhairah Muhammad Yazid yang meraih medali perak dengan poin 445, dan pesilat Filipina, Cherry May Regalado yang meraih medali perunggu dengan poin 444.

Medali emas kedua dari cabang pencak silat dipersembahkan oleh pesilat Yola Primadona/Hendy di nomor ganda putra, dengan raihan skor tertinggi 580. Medali perak nomor ini diraih pesilat Vietnam, Tranh Duc Danh/Le Hong Quan yang mencatatkan skor 562, dan medali perunggu diraih oleh pasangan pesilat asal Malaysia, Mohd Taqiyudin Hamid/Muhammad Afifi Nurdin yang meraih skor 560.

Adapun medali ketiga dari cabang olahraga pencak silat dipersembahkan oleh tim beregu putra, yang beranggotakan Nugraha, Asep Yuldan Sani, dan Mubarok Anggi Faisal yang mencatat skor 465. Medali perak nomor ini diraih oleh tim Vietnam yang meraih skor 450, dan perunggu oleh tim Thailand dengan skor 448.

Masih ada sejumlah nomor yang dipertandingkan dari cabang olahraga Pencak Silat itu, dan masih ada pesilat-pesilat Indonesia yang akan ikut berlaga. Dengan demikian, Indonesia masih berpeluang besar menambah pundi-pundi medalinya dari cabang olahraga Pencak Silat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan