oleh

Menulislah Agar Dikenang Sepanjang Masa

SIAPA yang tidak kenal sosok ulama yang bernama Imam Syafi’i, Imam Gha­zali atau ulama-ulama lain­nya yang kita kenal sosok mereka melalui buku hasil karyanya. Kita semua kenal bukan karena pernah ber­temu tatap muka, kita kenal karena karya-karya mereka melalui tulisan-tulisannya. Ya.. karya menulislah yang membuat nama mereka ma­sih eksis hingga kini. Tak jarang apa yang mereka tu­liskan dalam kitab atau buku yang dijadikan referensi da­lam penelitian karya ilmiah.

Dunia kedokteran saat ini sangat banyak mengambil referensi dunia kedokteran dari kitab yang di tulis oleh Ibnu Sina atau orang barat menyebutkan dengan Avi­cena. Betapa nama mereka masih harum dan jelas ter­dengar dalam keseharian kita karena karya tulis me­reka. Karya tulis ternyata mampu untuk menembus ruang dan waktu. Berjalan hingga lintas generasi, ber­tahan hingga bertahun-tahun bahkan berabad-abad.

Tentunya dengan buah karya seperti itu sesuai dengan kete­rangan dalam sebuah hadist nabi Muhammad SAW bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat untuk manusia lainnya. Saat berbi­cara kebaikan maka akan ada pahala yang dijanjikan Allah kepada insan yang senantiasa berbuat kebaikan. Saat manu­sia mampu memberikan man­faat untuk manusia atau ling­kungan sekitar maka keberman­faatannya tentu mengandung kebaikan, di mana ada kebaikan maka pahala akan hadir se­cara bersamaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga