Satukan Momen Idul Adha dan Hari Kemerdekaan

BANDUNG – SMKN 4 Bandung mengadakan kegiatan kurban dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1439 H, yang diselenggarakan 23 sampai 24 Agustus 2018 di lingkungan SMKN 4 Bandung. Kegiatan ini terlaksana karena adanya kerja sama antara guru dan siswa yang tergabung dalam panitia.

Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung, Dr. Asep Tapip Yani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan penggabungan antara dua momen penting, yaitu hari kemerdekaan dan hari raya idul adha.

”Karena momennya berdekatan antara hari kemerdekaan dan idul adha, panitia sepakat untuk menggabungkan kedua momen itu untuk diselenggarakan hari ini dan besok,” ujar Asep saat ditemui oleh Jabar Ekspres di SMKN 4 Bandung, Kamis (23/8) siang.

Kegiatan ini, kata Asep, merupakan habituasi atau pembiasaan tentang karakter berbasis religi dan nasionalis yang berguna bagi siswa ketika nanti sudah dewasa. “Jadi, kita ingin menanamkan pembiasaan ini supaya nanti ketika sudah dewasa, pasti pembelajaran ini berguna dan dibutuhkan di lingkungan masyarakat,” lanjut Asep.

Menurut Asep, kegiatan ini sangat penting sekali bagi siswa. Sebab, ini merupakan pelatihan dimana para siswa yang tergabung dalam kepanitiaan ini bisa mengelola kegiatan kurban yang juga termasuk kedalam pembelajaran agama.

Awalnya, kegiatan ini berasal dari penggalanan dana yang dilakukan oleh para siswa. “Jadi, para siswa ini mengumpulkan sejumlah uang dan bisa dikatakan sebagai sedekah yang nantinya dibelikan hewan kurban berupa sapi dan domba,” ungkapnya.

Dana yang terkumpul bisa dibelikan satu ekor sapi dan tujuh ekor domba. Kemudian, untuk pendistribusiannya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan beberapa panti asuhan yang sudah di data oleh panitia sebelumnya.

Selain kegiatan kurban, dilaksanakan kegiatan memperingati hari kemerdekaan dengan mengadakan lomba-lomba yang diramaikan oleh para siswa. Di antaranya lomba pentas seni, panjat pinang, balap karung dan berbagai lomba lainnya yang memiliki ciri khas hari kemerdekaan.

“Intinya kami ingin memberikan pelatihan karakter yang berguna bagi siswa ketika mereka dewasa. Sebab, nantinya siswa akan berkomunikasi dengan pihak luar dan mereka harus dilatih dari saat ini. Salah satunya melalui kegiatan kurban dan lomba-lomba memperingati hari kemerdekaan seperti ini.,” tegas Asep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan