Siapkan Agenda Wisata untuk Asian Games

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan menggenjot sektor pariwisata selama jalannya Asian Games 2018. Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut dinilai sebagai momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Ida Hernida mengatakan, pihaknya akan melakukan optimalisasi website layanan promosi wisata yang terdapat di Disparbud Jawa Barat. Website bernama Wonderful West Java Indonesia tersebut berisikan berbagai informasi yang menyangkut pariwisata di Jawa Barat.

“Ada informasi soal tempat wisata, hotel, makanan, fashion dan event-event yang ada di Jawa Barat,” kata Ida di Bandung (08/08).

Dikatakan Ida, website tersebut sengaja disiapkan untuk memudahkan para atlet kontestan Asian Games maupun massa pendukung yang datang dari berbagai negara dalam menjelajahi keindahan alam Jawa Barat. Selain itu, website tersebut juga dipersiapkan untuk membantu para pelaku usaha maupun pemilik jasa wisata sebagai ajang promosi.

“Kita bekerjasama dengan para pengusaha pariwisata untuk mempromosikan produknya. Jadi silakan daftarkan produk wisatanya di web nanti kami seleksi,” kata dia.

Namun begitu, pihaknya mengakui masih harus mengembangkan website Wonderful West Java Indonesia agar mampu menampung seluruh potensi pariwisata di Jawa Barat. Ke depannya, website tersebut akan diintegrasikan dengan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.

“Satu minggu ini kita akan intensifkan pengembangan webnya. Lalu sosialisasi dengan Pemerintah Daerah agar semua wilayah bisa memanfaatkan website ini. Kemudian kita akan buat dalam bentuk aplikasi,” kata dia

Disparbud Jawa Barat juga menyiapkan paket wisata yang dikhususkan bagi masyarakat dan para tamu undangan. Dengan begitu, Jawa Barat yang dipercaya menjadi tuan rumah lima pertandingan Cabang Olahraga (Cabor), yakni Sepakbola, Canoe Slalom, Balap Sepeda, dan Paragliding bisa memanfaatkan perhelatan tersebut untuk menarik wisatawan.

“Kami siapkan 74 paket paket tour dan sudah dilaporkan ke Kemenpar. Tinggal distribusi saja dimana tamu-tamu Asian Games ini menginap,” kata dia.

Dikatakan Ida, nantinya Disparbud Jawa Barat akan menempatkan beberapa tour guide atau pemandu wisata di beberapa hotel tempat para atlet maupun massa pendukung menginap. Untuk itu, dirinya berharap paket tour tersebut mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan