SMKN 1 Katapang Serukan Bahaya Asap Rokok

SOREANG – Ratusan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN )1 katapang mendapat sosialisasi mengenai bahayanya asap rokok terhadap kesehatan.

Kepala SMKN 1 Katapang Hj. Adah Rodiyah mengatakan, acara tersebut merupakan Kegiatan review Implementasi Kebijakan Kawasana Tanpa Rokok dan Skrining Perilaku Merokok pada Anak Sekolah.

“Semua siswa SMKN 1 Katapang diberikan pemahaman tentang bahaya asap rokok terhadap kesehatan dari tim kesehatan Provinsi Jabar dan Dinas Kesahatan Kabupaten Bandung,” jelas Adah kepada wartawan di Katapang kemarin, (6/8)

Menurutnya, selain mendapatkan penjelasan materi tentang bahaya asap rokok dari tim dinas kesehatan, para siswa mendapat Pemeriksaan kesehatan paru paru.

Selain itu, sebagai institusi pendidikan untuk mengambil peranan agar mampu memutus mata rantai kebiasaan merokok siswa. Salah satunya melalui sosialisasi Permendikbud No 64/2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah.

“Ini kan, kewajiban untuk menciptakan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah. Kami terus mensosialisasi tanpa henti tentang kandungan dan bahaya merokok kepada semua siswa,” jelasnya

Adah menambahkan, dengan kegiatan tersebut, disampaikan juga tentang penyakit-penyakit akibat merokok kepada semua siswa oleh tim dinas kesehatan dengan menghadirkan narasumber untuk memberikan pemahaman tentang bahaya rokok terhadap kesehatan.

” Kami secara rutin melakukan operasi tas siswa untuk mengetahui adanya siswa yang membawa rokok. Setiap jam istirahat sekolah, guru piket keliling untuk mengamati ada tidaknya siswa yang merokok,” tuturnya

Kantin sekolah dilarang menjual rokok dan wajib memasang tanda kawasan tanpa rokok. Di tempat-tempat siswa sering berkumpul saat jam istirahat, ditempelkan pamflet yang bertuliskan antara lain.

Setiap juru sekolah sudah dipasang aturan larangan merokok bagi seluruh warga sekolah dan dituangkan dalam tata tertib sekolah. Guru yang merokok di lingkungan sekolah harus menghentikan kebiasaan itu jika menginginkan siswa-siswinya tak merokok.

“Guru, tenaga kependidikan dan atau peserta didik SMKN 1 Katapang selalu memberikan sosialisasi bahayanya asap rokok kepada sesama siswa ataupun kepada generasi muda diluar sekolah,” pungkas Adah (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan