Jelang Asian Games Pohon Palem Rawan Tumbang

SOREANG – Menjelang pelaksanaan Asian Games persiapan Pemkab Bandung untuk menata kota seharusnya lebih maksimal dengan memperhatikan keberadaan taman kota.

Kendati begitu, berdasarkan pengamatan Jabar Ekspres keberadaan pohon palem yang tumbuh berjajar di samping komplek pemerintahan seharusnya lebih diperhatikan. Sebab, keberadaan daun pohon tersebut banyak yang mengering dan rawan tumbang.

Rata rata usia pohon palem tersebut diperkirakan lebih dari 20 tahun dengan ketinggian lebih dari 15 meter. Namun, batang pohon palem bagian bawah terlihat lebih kecil dari pada bagian atasnya yang lebat oleh daun. Bahkan ada beberapa pohon nampak telah lapuk dan mengering dengan bagian batangnya mengelupas.

” Itu lihat saja diameter pohonnya lebih dari 50 sentimeter dan tingginya lebih dari 20 meter. Itu pohon banyak yang sudah keropos lagi,’’ kata Ade Mamat, 45 salah seorang pengguna jalan di Soreang, Kemarin (6/8).

Menurustnya, keberadaan pohon palem tersebut seperti tidak terawat dan tidak memiliki nilai keindahan. Bahkan, banyak daun palem kering menjuntai berjatuhan kebawah sehingga terlihat kumuh.

“Sering saya lihat batang daunnya yang sudah kering jatuh. Kalau menimpa orang dibawahnya bisa celaka, apalagi sebentar lagi mau ada Asian Game pasti banyak hilir mnudik kendaraan jadi untuk pemerintah saya mohon ini segera di tata,”tutup dia.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung tidak memberikan tanggapan ketika Jabar Ekspres mencoba untuk mengkonfirmasi kepada Kepala Dinas Agus Nuria melalui Sambungan. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan