Berbagi Cerita Bagi yang Berjiwa Muda

’’Persiangan bisnis kuliner di Bandung itu sangat sulit, karena Bandung dikenal dengan sangat selektif dalam kualitas dan harga,’’ucap Irfan.

Kesuksesnya usaha kue tidak semerta lancar begitu saja, melalui proses panjang untuk memulai bisnis tetap harus dilakukan dengan perencanaan. Sehingga, ketika bisnis berjalan tinggal menyesuaikan dengan rencana dan target.

“Pertama, Kita lakukan riset di pasar, jadi kita buat Bandung Kunafe ini bukan tanpa ilmu tetapi dengan ilmu,” terangnya.

Dalam riset pasar tersebut Irfan, mencoba menemukan karakter pasar mengenai jenis makanan yang cocok di jual di Bandung. Sehingga, sampai akhirnya mereka melakukan survey kecil-kecilan dengan menanyakan langsung makanan apa saja yang paling disukai warga Bandung dan wisatawan yang datang ke Bandung.

“Jadi, kami tidak memaksakan diri buka bisnis apa, tetapi melihat dulu potensi pasar apa yang potensial. Tapi, kita tidak diperbudak pasar tetapi pasar menentukan bisnis kita ke depannya, jadi kita bukan kumaha aing, da aingmah hayang kie kitu, tapi kita lihat pasar seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, untuk urusan materi pihaknya selalu mewanti-wanti agar tertib administrasi. Salah satunya adalah dengan memberikan hak paten kepada produk Bandung Kaunafe. Sebab, dikhawatirkan produk laris dijual tapi malah di klaim orang lain.

“Selain itu, masalah keuangan mengenai arus kas harus betul-betul diperhitungkan. meskipun bisnis kecil tetapi sistem pembukuan perhitungan keuangan harus baik.

Sementara itu, Ananda Rusdiana Omesh menambahkan alasan usaha Bandung Kunafe ini maju disebabkan, keduanya berkomitmen untuk saling mengjaga dan mengerti terhadap perkembangan bisnis ini.

Selain itu, untuk menambah daya tarik pembeli setiap waktu harus ada inovasi dengan kreatifitas terbaru untuk menarik pembeli.

“Suksesnya Bandung Kunafe ini, meski belum satu tahun ya karena Kami konsisten, mau terus mengembahkan berinovasi baik produkd an promosi,”kata Omesh yang melejit namanya sebagai presenter televisi.

Omesh menambahkan, merskipun statusnya sebagai artis dia selalu memberikan perhatian lebih kepada seluruh karyawan, keluargannya dan mitra. Sebab, keberadaan Bandung Kunaefa maju mundurnya berada ditangan seluruh karyawannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan