Berikan Pengetahuan Safety Riding

CIMAHI– Untuk meminimalisir angka kecelakaan dikalangan pelajar, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bekerjasama dengan Satlantas Polres Cimahi memberikan pengetahuan tentang keselamatan berkendaraan kepada para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pelaksana tugas (Plt) Dishub Kota Cimahi, Ruswanto mengatakan, saat ini banyak pengendara bermotor dari kalangan pelajar belum memahami peraturan berkendara. Sehingga, banyak sering terjadi.

” Nah kita adakan sosialisasi safety riding. Agar para pelajar SMA bisa menerapkan budaya tertib dalam berlalulintas,” kata Ruswanto ketika ditemui kemarin. (31/7).

Dia menuturkan, diberikannya pemahaman keselamatan berkendara, diharapkan pelajar tidak melanggar lalulintas, sehingga kecelakaan bisa ditekan. Bahkan, para pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Minimal mereka bisa menularkan pengetahuan tentang keaelamatan berlalulintas kepada teman maupun keluarganya,” ujar Ruswanto.

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya memberikan prosedur keselamatan berkendara dengan materi dipaparkan mengenai aspek aturan rambu marka jalan. Sementara pihak kepolisian memaparkan berkaitan dengan aspek edukasi dalam penegakan hukum.

Setelah mengikuti sosialisasi, para pelajar melakukan uji coba di lintasan simulasi safety riding dengan didampingi petugas dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi dengan cara pihak dishub memfasilitasi zona aman selamat bersekolah.

“Harapan kami itu bisa dimanfaatkan sehingga kami melibatkan aparat kepolisian,” ujarnya.

Selain melibatkan pihak kepolisian, dishub juga melibatkan pihak ketiga yakni produsen kendaraan bermotor untuk mendukung zona aman selamat bersekolah karena produsen kendaraan itu yang memiliki fasilitasnya.

Ruswanto mengaku, kegiatan safety ridding ini sebagai implementasi dari undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

“Karena sekarang ada simulasinya dan bantuannya dalam upaya mendukung keselamatan dalam berkendara dan hal itu saat ini ada edukasinya,” katanya.

Sementara itu, Defi Alma siswi SMK 1 Cimahi, salah seorang siswa yang mengikuti uji coba safety riding, mengaku sedikit kesulitan saat mencoba slaloom yang disediakan. “Diawal beloknya tanggung, tapi langsung mudah setelah meleawati belokan, selama mengendarai motor sering juga menemukan jalan seperti ini. Tapi selalu berhati-hati,” singkatnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan