Mau Asian Games Sampah Masih Berserakan

SOREANG – Jelang Asian Games 2018, tumpukan sampah menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang ada di sepanjang Jalan Raya Lingkar Luar Soreang, Kabupaten Bandung.

Pantauan lapangan terlihat dibeberapa titik sampah beragam jenis itu menumpuk di sepanjang Jalan Raya Lingkar Luar Soreang, ada empat titik sampah yang menumpuk di jalan itu. Sampah itu menumpuk di bahu jalan dan sebagian meluber ke badan jalan.

Salah satu pengguna jalan, Nurdin (45) mengatakan sampah itu menganggu pemandangan, seperti diketahui tidak lama lagi Asian Games akan digelar di Soreang.

“Asian Games akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, tapi sampah masih banyak memupuk di TPS liar yang ada di Soreang,” kata Nurdin saat ditemui di lokasi TPS liar itu.

Jalan Raya Lingkar Luar Soreang merupakan akses jalan penghubung menuju obyek wisata Ciwidey yang memiliki banyak obyek wisata. Namun, tumpukan sampah di jalan tersebut belum dibersihkan.

“Kalau tidak segera dibersihkan kanalu sama tamu. Apalagi inikan tamunya orang luar negeri bukan orang Indonesia,” ungkapnya.

Selain mengganggu pemandangan, sampah yang ada di jalan tersebut kerap mengganggu pengguna jalan. “Kalau kena angin sampahnya ke tengah jalan, kan mengganggu pengguna jalan,” ujarnya.

Warga Soreang Indra Kurniawan (34) menuturkan, jika jalan tersebut digunakan sebagai TPS liar sudah sejak lama. Namun, meski kerap dibersihkan tapi sampah menumpuk kembali.

“Udah di pagar juga tapi numpuk lagi, disini ditutup menggunakan pagar, ada di titik lainnya. Padahal sudah ada papan imbauan yang jelas untuk tidak membuang sampah sembarang,” tuturnya.

Indra berharap, seharusnya pemerintah membuat TPS untuk masyarakat membuang sampah agar tidak membuang sampah sembarangan. “Seharusnya Pemerintah Kabupaten Bandung sediakan TPS khusus untuk masyarakat, kalau tidak ada TPS masyarakat pasti membuang sampah sembarangan karena bingung tidak ada tempat pembuangan akhir,” pungkasnya. (Rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan