5 SMA Asal Jabar Ikuti Regional Student Company Competition 2018

BANDUNG — Sebanyak 5 sekolah di Jawa Barat terpilih menjadi peserta Regional Student Company Competition 2018. Ke-5 sekolah tersebut mengikuti kompetisi kewirausahaan tingkat SMA/SMK yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia (Citibank).

Kelima sekolah itu adalah SMAN 1 Cisarua, SMAN 5 Bandung, SMAN 11 Kota Bandung, SMKN 1 Bandung, dan SMKN 4 Padalarang.
Management Advisor PJI, Robert Gardiner mengatakan tahun ini merupakan tahun ke-4 penyelenggaraan Regional Student Company Competition sejak tahun 2014.

”Tujuan kegiatan ini sebagai upaya untuk mengasah potensi kewirausahaan dan mendorong generasi muda Indonesia menjadi wirausaha,” ujar Robert di sela-sela acara presentasi ke-5 sekolah tersebut di Braga City Walk, Sabtu (21/7) lalu.

Dia berkata, sebelum kompetisi ini para siswa terlebih dahulu di bina menjadi wirausahaan sesungguhnya melalui program aplikasi kewirausahaan, JA Student Company. Selama 6 bulan mereka disuruh untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah.

”Mulai dari menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, menjual produk, hingga lukuiditas perusahaan. Mereka juga mendapat bimbingan bisnis secara intensif dari mentor PJI,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Fandi Aditya menyambut baik kegiatan tersebut. Kegiatan ini sangat membantu dalam mewujudkan mimpi siswa setelah lulus.

”Bahkan, ini menjadi salah satu harapan kita yakni menjadikan siswa berkarakter petarung,” ungkap Fandi yang juga Kepala Seksi Pengawasan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Barat.

Fandi mengatakan, melalui kegiatan ini juga pihaknya dapat mencontohkan dalam menyusun kurikulum ke depan. Selain itu, kegiatan ini juga akan menumbukan jiwa inovatif dan kreatif di kalangan siswa. (ba/azu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan