Infrastruktur Pariwisata Akan Menunjang Pembangunan Ekonomi Rakyat

SOREANG – Kabupaten Bandung dengan segala keunikannya, masuk menjadi Sepuluh kabupaten terbaik Nasional pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (Yowita) 2018.

Anugerah penghargaan dibidang pariwisata tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Drs H Agus Firman Zaini, M.Si di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat malam (20/7).

Dikonfirmasi di tempat berbeda, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH,S.Ip.,M.Ip menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi prestasi Kabupaten Bandung di tingkat Nasional. Bupati mengatakan, penghargaan tersebut, adalah kerja keras bersama baik pemerintah, masyarakat juga semua pihak yang sudah berkontribusi, untuk pariwisata di Kabupaten Bandung.

”Penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama. Ke depan, disamping pengembangan infrastruktur pariwisata, juga dilakukan pembinaan kepada masyarakat agar peduli terhadap pariwisata. Termasuk dari sisi keamanan, kebersihan, dan ketertiban kawasan objek wisata Kabupaten Bandung secara keseluruhan. Tentunya, juga dengan melibatkan seluruh OPD, Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), masyarakat dan para investor,” ungkapnya.

Bupati Bandung berharap, prestasi ini bisa dijadikan pecut semangat dan memotivasi seluruh pihak, terkait pengembangan infrastruktur pariwisata yang ada. Karena menurutnya, sektor pariwisata akan sangat berpengaruh dan menunjang pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya dengan menampilkan potensi unggulan wilayah, melalui program Bandung Seribu Kampung.

”Kita kan sedang menjalankan program Bandung Seribu Kampung, dengan mengembangkan potensi unggulan di seluruh wilayah, ditambah jumlah destinasi pariwisata di Kabupaten Bandung yang luar biasa, juga dengan diraihnya prestasi ini,  selain memotivasi seluruh pihak di Kabupaten Bandung, target 3 juta lebih wisatawan tahun 2018 ini semoga bisa terwujud,” harap Bupati Bandung.

Sementara pada malam penganugrahan, Arief Yahya mengungkapkan, YOWITA  2018 merupakan penghargaan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten di Indonesia yang memiliki komitmen, inovasi, performansi, leadership dan kreasi dalam membangun pariwisata daerah. Guna mendukung pencapaian target kunjungan 275 juta wisatawan nasional dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

”Selain itu, dari pariwisata kita juga punya target 5,5% kontribusi PDB (Produk Domestik Bruto) Nasional, 280 triliun devisa, penyerapan 13 juta tenaga kerja, dan peringkat 30 Indeks Daya Saing,” tutur Arief.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan