Sambut Asian Games, 8 Ribu Peserta Ikuti Bandung West Java Marathon

BANDUNG – Bandung West Java Marathon kembali hadir di Kota Bandung. Sekitar 8 ribu peserta antusias mengikuti sekaligus momen yang merupakan bagian dari perhelatan Asian Games 2018.

Ini kali kedua Bandung West Java Marathon hadir di Kota Bandung. Namun, ada hal yang menjadi perhatian di even tersebut. Hal itu adalah, hadirnya Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang turut ikut menjadi salah satu peserta.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu, terlihat sangat senang bisa mengikuti even itu. Tak hanya itu saja, Kang Emil yang ikuti kategori 5 kilometer pun berhasil finish. Hadirnya Kang Emil tentu menjadi stimulus dalam membudayakan aktivitas olahraga bagi masyarakat Bandung.

“Saya sangat senang dan mendukung. Pertama kita harus membudayakan hidup bergerak agar badan kita lebih sehat dan seimbang. Dalam budaya hidup bergerak, seperti diadakan dalam even lari juga murah meriah. Bisa dilakukan oleh semua,” kata Kang Emil usai mengikuti maraton di Gedung Sate, Bandung, Minggu (22/7).

Menurut Kang Emil, olahraga itu tidak harus elitis. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang. Seperti lari, bersepeda dan jalan sehat.

Cari jenis olahraga yang tanpa ada akar ekonomi. Salah satunya lari, jalan sehat, bersepeda. Tidak ada batas usia dari usia anak-anak hingga dewasa,” ujarnya.

Setelah berhasil finish, Kang Emil mengaku senang bisa menjadi bagian dari peserta lari. Ia juga terpacu lari karena melihat anak kecil yang berlari kencang. “Dari anak kecil tadi saya lihat ikut 5 kilometer, jadi rada malu juga. Jadi terpacu si anak kecil,” ungkapnya.

Kang Emil menilai, even lari ini dikemas dengan baik. Terlebih karena rute yang disajikan mengelilingi Kota Bandung. Sehingga, warga di luar Bandung bisa sambil menikmati keindahan juga kesejukan Kota Bandung ini. Bahkan hebatnya, para pelari bisa sambil selfi.

“Pelari ini hebatnya bisa lari sambil selfie jadi tidak berhenti. Sambil lari pakai HP khusus yang anti getar. Jadi intinya harus dibungkus dengan kegembiraan,” tandasnya.

Untuk diketahui, peserta Bandung West Java Marathon ini diikuti 8 ribu peserta dari berbagai negara dan daerah. Acara tersebut dimulai pukul 05.00 WIB pagi dan usai sekitar pukul 10.00 WIB. (ona)

Tinggalkan Balasan