oleh

Ratusan Bacaleg Terdaftar di KPU

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi akan memverifikasi sebanyak 448 bakal calon legislatif (bacaleg) yang didaftarkan oleh 16 partai politik untuk mengikuti pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara mengatakan, verifikasi dilakukan sampai 19 Juli dan 20 Juli mendatang, terkait penyampaian kelengkapan persyaratan administrasi bacaleg tersebut.

“Jadi, setelah diverifikasi baru disampaikan persyaratan yang kurang untuk dilengkapi. Adapun dari jumlah bacaleg yang ada diantaranya 165 orang perempuan dan 283 laki-laki,” kata Agung kepada sejumlah media, Rabu (18/7).

Verifikasi dilakukan oleh 20 orang yang dibagi dalam empat kelompok. Masing masing kelompok diisi oleh lima orang untuk memverifikasi empat partai politik. “Semua petugas merupakan anggota dari internal KPU,” ungkap Agung.

Berdasarkan hasil verifikasi, persyaratan yang belum dilengkapi pada umumnya adalah SKCK, Ijasah dan KTP. Kekurangan itu harus dilengkapi paling lambat 31 Agustus. “Kalau tidak dilengkapi maka dinyatakan gugur dan tidak masuk dalam daftar calon tetap (DCT) dalam Pileg,” kata Agung.

Sedangkan untuk keterwakilan perempuan, kata Agung, telah melebihi batas minimal. Bahkan ada partai yang keterwakilan perempuan dalam bacalegnya mencapai 50 persen. “ Partai politik yang paling sedikit mendaftarkan bacaleg Partai Garuda yang mendaftarkan dua orang di satu dapil, satu laki-laki dan satu perempuan,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga