Pemkot Jamin Lahan Relokasi

BANDUNG – Setidaknya, sebanyak 116 kios dan 170 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) hangus diakibatkan peristiwa kebakaran yang melanda Pasar Gedebage pada Minggu (15/07) dini hari. Meski tidak ada korban jiwa, kebakaran tersebut menyisakan kerugian materil bagi pedagang di Pasar Gedebage.

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mempersiapkan lahan sementara bagu para pedagang di Pasar Gedebage. Pasalnya, terdapat ratusan pedagang yang saat ini sedang menanti lahan baru sementara agar bisa kembali berjualan.

“Kami sedang siapkan lahan. Lokasinya masih di daerah Pasar Gedebage,” kata Oded di Bandung (16/07).

Dikatakan Oded, di pasar tersebut terdapar dua perusahaan yang melalukan pengeloaan, yakni Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat dan PT Ginanjar. Pemkot Bandung juga memiliki sebaguan lahan di Pasar Gedebage. Namun, untuk lokasi kebakaran yang berada di blok 3, 4, dan 5 berada di bawah pengeloaan PT Ginanjar.

“Kami akan tetap menyiapkan lahan sementara. Meskipun, seharusnya yang bertanggung jawab adalah PT Ginanjar,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Umum Operasional dan Komersil PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Panca Saktiadi mengaku akan memperhatikan dan memberi pendampingan bagi para pedagang terdampak kebakaran. Pihaknya akan membuka posko pengaduan agar para pedagang bisa berkoordinasi.

“Pemkot melalui PD Pasar Bermartabat membuka posko layanan untuk menghimpun data akurat terkait korban kebakaran, meski kios dan lapak pedagang yang terbakar bukan milik kami,” kata dia.

Dikatakan dia, proses pendataan dan pendaftaran korban hingga kini masih berlangsung. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan lahan relokasi agar para pedagang bisa kembali berjualan untuk sementara.

Para pedagang yang menjadi korban kebakaran tersebut, lanjut Panca, nantinya akan ditempatkan di pasar eceran dan Tempat Penampungan Pedagang Sementara (TPPS) Pasar Induk Gedebage hingga perbaikan kios selesai.

“Misalnya perbaikan kebakaran ini tiga bulan, ya relokasinya tiga bulan. Kita dan para pedagang sepakat secepatnya bisa berjualan,” kata dia.

Panca menjamin, lahan sementara yang disiapkan PD Pasar Bermartabat Kota Bandung akan bisa menampung seluruh pedagang terdampak untuk kembali berjualan. Namun, dia mengakui lahan yang disediakan tidak memiliki luas yang sama dengan lapak para pedagang yang terbakar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan