Kandaskan Determinasi Kroasia, Prancis Raih Trofi Piala Dunia Kedua

Babak Kedua

Prancis tampil sedikit berbeda di awal babak kedua. Mereka berusaha bermain lebih agresif dibanding babak pertama. Skuad Les Bleus tampaknya tak ingin banyak ditekan seperti yang dialami di babak pertama.

Sialnya, Kroasia tak berubah. Mereka tetap agresif dan penuh spirit untuk meraih kemenangan. Pressure ketat terus mereka lakukan ketika pemain Prancis berusaha menguasai bola. Hingga akhirnya sebuah tendangan terarah membuat Hugo Lloris harus melompat dan melakukan tips untuk menyelamatkan gawangnya.

Di sela-sela tekanan Kroasia, Prancis sempat mendapat peluang melalui sebuah serangan balik. Mengandalkan kecepatannya, Kylian Mbappe sukses mendahului pergerakan Vida. Sayang sepakannya masih bisa dimentahkan Subasic.

Namun, dalam serangan balik keduanya pada menit 59, Mbappe menjadi kreator dari gol ketiga Prancis di Stadion Luzhniki. Umpan Mbappe kepada Griezmann akhirnya berakhir di kaki Paul Pogba. Setelah sempat melakukan tendangan kaki kanan yang diblok pemain Kroasia, Pogba sukses menjebol gawang Subasic melalui tendangan kedua dengan kaki kanannya.

Enam menit berselang, Mbappe sukses mencatatkan gol perdananya di final Piala Dunia. Menerima umpan Rodriguez, penyerang 19 tahun ini melakukan sebuah tendangan terarah yang tidak diduga arahnya oleh Subasic. Prancis unggul 4-1 dari Kroasia.

Keunggulan ini membuat Prancis menjadi lengah. Menit 69, Lloris yang menerima backpass coba mengecoh Mandzukic. Sial, Mandzukic lebih cerdas dalam membaca arah bola. Kaki kanannya dengan cepat mencocor bola yang akan ditendang Lloris. Kroasia coba mendekatkan selisih gol menjadi 2-4.

Kroasia tak berhenti berusaha di sisa menit pertandingan. Selain melakukan umpan dengan target utama Mandzukic, sejumlah pemain Kroasia pun mulai mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tak ada yang mampu membahayakan gawang Hugo Lloris.

Sayang, bagaimanapun energi skuad Kroasia ada batasnya. Determinasi mereka akhirnya mulai meredup. Prancis pun akhirnya menjadi pemenang dalam laga puncak Piala Dunia 2018.Â

Prancis 4-2 Kroasia
(Mandzukic 18′-og, Griezmann 38′-p, Pogba 59′, Mbappe 65′ – Perisic 28′, Mandzukic 69′)

Susunan pemain Prancis vs Kroasia

Prancis (4-2-3-1): 1-Lloris; 2-Pavard, 4-Varane, 5-Umtiti, 21-Hernandez; 13-Kanté (15-Nzonzi 55′), 6-Pogba, 14-Matuidi (12-Tolisso 73′); 10-Mbappé, 7-Griezmann, 9-Giroud (18-Fekir 81′)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan