Jadilah Guru yang Hebat

Komitmen

Modal awal dalam profesi guru merupakan adanya sebuah komitmen. Guru hendaknya selalu memegang prinsi bahwa menjadi seorang guru merupakan panggilan jiwa untuk mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemajuan suatu bangsa. Karena nasib suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas anak mudanya.

Evaluator

Seorang guru yang hebat adalah mampu mengevaluasi peserta didiknya dengan cermat. Dia tidak mudah mengambil kesimpulan tentang kondisi kelas yang belum mencapai target atau capaian pembelajaran dibawah standar maupun sikap peserta didik yang kurang baik. Seorang guru yang hebat akan memahami proses pembelajaran yang kurang optimal, memperbaikinya dan meningkatkannya.

Tidak ada yang harus dipersalahkan atas ketidaktercapaian target pembelajaran itu akan tetapi selalu melakukan evaluasi yang tepat untuk perbaikan di masa mendatang. Seorang guru yang memiliki kriteria ini senantiasa melakukan review and follow up (cek kegiatan terdahulu dan tindaklanjut untuk perbaikan secara terus-menerus).

Dirindukan Siswa

Guru hebat adalah guru yang dirindukan oleh peserta didiknya. Dia tidak sekedar mampu memulai kelas dengan penampilan pertama yang menggoda akan tetapi ia mampu mengakhiri kelas penuh kesan yang tak terlupakan. Guru hebat senantiasa memikirkan dengan baik bagaimana mengakhiri kelas penuh sensasi dan berkesan.

Kehadirannya tidak menjadikan peserta didik takut dan khawatir tapi justru mengundang kepenasaran karena performanya. Ia selalu memberikan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi kehidupan nyata peserta didiknya. Ia tidak sekedar menghantarkan materi ajar tapi ia mampu menyentuh hati murid untuk menyadari tentang manfaat mengetahui, memahami dan mempraktekkan pengajaran itu dalam kehidupan mereka sehari-hari. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan