Jadilah Guru yang Hebat

Peran guru di sekolah tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Oleh karenanya, guru harus benar-benar menyiapkan diri menjadi guru yang hebat. Guru yang hebat adalah guru yang mengabdikan dirinya secara totalitas dan memandang bahwa mencerdaskan siswanya adalah kewajibannya. Salah satu ciri utama guru hebat adalah menjadi guru dihati siswa bukan menjadi guru di mata siswa.

Guru hebat bukanlah guru yang sudah memiliki sertifikat profesional, tetapi guru yang hebat adalah guru yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan guru-guru yang lainnya. Guru merupakan seseorang dengan kualifikasi khusus yang berkerja untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik agar nantinya menjadi dewasa. Ketika melihat Kriteria hebat atau tidak seorang guru, dapat dilihat dari beberapa indikator-indikator tertentu.

Kualitas diri

Seorang guru yang hebat tentu wajib untuk memiliki kualitas diri yang baik pula. Kualitas diri yang dimaksud antara lain tertanam sikap disiplin yang tinggi, Selanjutnya memiliki etos kerja yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, serta bersikap bijaksana. Apabila beberapa hal tersebut terpenuhi maka dapat dikatakan bahwa seseorang guru memiliki kualitas diri.

Integritas moral

Integritas moral wajib dimiliki oleh seorang guru, bagaimana ia bertingkah laku, tentunya harus menjadi sebuah panutan. Namun apabila kita bersama melihat di tayangan berita saat ini, tidak sedikit pula kasus yang tidak bermoral yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik seperti pencabulan dan kasus lainnya. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah refleksi bagi seorang guru agar selalu menjunjung tinggi integritas moralnya.

Kedalaman ilmu

Nampak akan lucu apabila terdapat seorang guru yang mengajar di suatu sekolah namun tidak memiliki ilmu. Apabila terdapat kasus tersebut, maka apa yang mau ditransfer kepada peserta didik. Padahal tugas guru adalah menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik agar menjadi seseorang yang berilmu dan dewasa. Maka, sudah barang wajib bahwa seseorang guru perlu memiliki kedalaman ilmu sesuai bidang ilmu yang didalami.

Keterampilan

Keterampilan merupakan hal yang sangat luas. Keterampilan merupakan kemampuan seseorang dalam menguasai hal tertentu. Dapat dikatakan seseorang terampil apabila telah menguasai hal tertentu. Dalam arti yang sempit keterampilan tidak hanya tentang menghasilkan suatu barang seperti contoh keterampilan menjahit, keterampilan batako, dan keterampilan membuat barang lainnya. Namun dalam arti yang luas, berhitung, menulis, juga merupakan suatu keterampilan. Bagi seorang guru cara menyampaikan materi, cara berkomunikasi, merupakan keterampilan. Guru yang hebat tentunya memiliki keterampilan tersebut agar peserta didik dapat memahami pengetahuan atau ilmu yang disampaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan