Fahri: PKS Harus Diselamatkan

Dinamika internal partai seperti tak kunjung usai dalam tubuh PKS. Inipun diamati oleh Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris yang menyatakan ada keprihatinan yang bersambar ke koalisi penantang Presiden Joko Widodo dalam akun Twitter @sy_haris.

Menurutnya timbul ancaman pecah kongsi Partai Gerindra dan PKS  menjelang pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 4 – 10 Agustus 2018.

“Partai @Gerindra & @PKSejahtera pecah kongsi? Kita tentu prihatin jika kubu penantang @jokowi belum solid,” kata Syamsuddin

Menurut Syamsuddin Haris kalau Gerindra tinggalkan PKS, calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto kemungkinan Agus Harimurti Yudhoyono atau Zulkifli Hasan. karena Anies Baswedan tentu tidak bersedia cuma jadi calon wakil.

“Menurut saya, @aniesbaswedan tidak bersedia jika cuma cawapres,” kata Syamsuddinl.

Tidak sampai disitu Syamsuddin Haris juga merespon pernyataan anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring menyebutkan PKS lebih memilih pecah kongsi dengan Partai Gerindra jika kadernya tak ada yang dipilih menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

“Itu nggak bisa ditawar. Cawapres harus dari PKS. Kami nggak mau jadi penggembira saja dalam pilpres ini. Kalau kami disuruh dukung-dukung saja, mungkin nggak? Mungkin kami lebih baik jalan masing-masing saja,” kata Tifatul Sembiring.

Menurut Syamsuddin Haris jalan politik yang ditempuk PKS jika seperti itu berarti kurang cerdik dan terkesan tidak fokus.

“Saya berpendapat bahwa politik @PKSejahtera menghadapi pilpres 2019 kurang cerdik dan tidak cerdas. Terkesan tidak fokus, terlalu ikut arus dan langkah-langkah tidak strategis. Tokoh-tokoh senior seperti @anismatta & @tifsembiring mestinya ingatkan dan turut bantu selamatkan PKS,” kata Syamsuddin Haris.

Sementara itu Politisi PKS, Aboe Bakar Al Habsyi menegaskan jika partainya tetap akan berkoalisi dengan Partai Gerindra sebagaimana Pilpres 2014 lalu. ”Koalisi tetap (dengan Gerindra),” tegasnya usai diskusi bertajuk ‘Menakar Arah Koalisi Parpol Pada Pemilu 2019 Pasca Pilkada Serentak 2018’ di Jalan Jalan Veteran 1 No. 33, Gambir, Jakarta Pusat.

Sebagai informasi, sejauh ini PKS sudah menyodorkan sembilan kader terbaiknya ke Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk dijadikan sebagai Cawapres. Pria yang akrab disapa Habib ini mengaku sangat yakin mantan Danjen Kopassus itu bisa memilih salah satu dari mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan