Lestarikan Seni Budaya Melalui Khitanan

SOREANG – Berbagai cara dilakukan oleh para pelaku dan pecinta seni budaya untuk melestarikan, memperdayakan dan mengembangkan seni budaya daerah.

Nunu Nugraha salah satu tokoh masyarakat sekaligus pencinta dan pelaku seni budaya yang tinggal di Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung menampilkan seni budaya dalam acara syukur khitanan anaknya.

“Seni Budaya pencak silat, singa depok. Inilah cara kami melestarikan seni budaya masyarakat yang ada dilingkuangan Desa Lamajang,” kata Nunu kepada Jabar Ekspres usai menggelar berbagai kesenian dan budaya adat di lamajang. Minggu, (8/7)

Menurutnya selaku pelaku dan pecinta seni budaya daerah, dirinya akan selalu melestarikan dan menampilkan seni budaya yang dimiliki masyarakat dalam setiap acara yang digelarnya.

“Alhamdulillah antusias masyarakat lamajang masih erat dalam memperdayakan kesenian yang ada disini,” tuturnya

Suami dari Cici Nuraeni ini menuturkan, merupakan konsekuensi yang nyata dari proses perubahan sosial. Budaya merupakan ekspresi identitas yang dimiliki setiap masyarakat maupun wilayah. Maka dari itu ciri khas tersebut harus terus di lestarikan demi budaya yang terus terjaga.

Lebih lanjut Nunu menyampaikan, dunia saat ini makin ekstrim, salah satu dampak yaitu budaya hampir hilang dengan gaya hidup sekarang ini yang semakin berbeda. Maka dari itu sebagai orang Bandung yang mayoritas berbudaya Sunda, dirinya mengajak agar tetap konsisten dan menjaga budaya.

Salah satu mempertahankan, budaya Sunda pencak silat. dengan melestarikan dan mengembangkan nilai nilai estetis dan mendekatkan masyarakat dengan kearifan lokal.

“Jadi jaman modern ini kita tidak boleh lupa dengan budaya, maka dari itu saya biasakan setiap.menggelar acara selalu menampilkan seni budaya. Seperti di acara khiatan anak kami juga menampilkan beberapa seni budaya,” ujar Nunu

Lanjutnya, budaya Sunda itu memiliki nilai kesetiakawanan sosial dan berempati. Hal ini membuktikan bahwa budaya bisa gotong royong dan saling membantu satu sama lain.

“Intinya, mari terus lestarikan budaya agar memperkuat identitas dan jati diri daerah dan bangsa secara umum,” tegas Nunu

Dirinya berharap, setiap acara besar yang diselenggarakan masyarakat ataupun pemerintah dapat memacu budayawan tetap produktif, baik dalam konteks pelestarian nilai nilai budaya daerah turut memajukan lingkungan seni budaya maupun membantu membentuk karakter bangsa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan