Zonasi Antar Mutu Sekolah Merata dan Hapus Stigma Favorit

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Dr Mia Rumiasari M Si mengatakan, dengan Perwal 456 yang lebih dulu terbit, diharapkan tersosialisasi dengan baik. Terlebih hanya berlaku satu putaran. ”Tahun-tahun sebelumnya dua putaran. Khusus tahun ini sudah satu putaran dengan menganut sistem zonasi,” ungkapnya.

Mia mengungkapkan, sejak 3 tahun terakhir, Kota Bandung, sudah sudah menganut sistem zonasi. Untuk tahun ini, Kota Bandung murni 90 persen. Dengan 5 jalur prestasi dan 5 jalur khusus.

”Untuk RMP (rawan melanjutkan pendidikan, Red), masuk di persentasi zonasi. Jadi penghitungannya, minimal 20 persen untuk RMP dari kuota 90 persen,” urainya.

Khusus tahun ini, kata Mia, jarak untuk zonasi tersebut maksimal di 16 kilometer. Perhitungannya mengacu aspek daerah, daya tampung dan lain-lain.

Sebagai gambaran, bagi para orangtua siswa secara umum, sistem zonasi mungkin masih menjadi pertanyaan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan. Pertanyaan umum yang dikemukakan biasanya adalah bagaimana cara menentukan jarak dari rumah ke sekolah? Berapakah skor jarak anak dari rumah ke sekolah dan lain sebagainya.

Hal tersebut mungkin juga jadi lebih terasa membingungkan. Bagi orangtua yang sebelumnya tidak tahu bagaimana cara menentukan sendiri jarak dari rumah ke sekolah tujuan, dengan aplikasi yang sudah ada.

Bagi yang ingin menghitung jarak dari rumah ke sekolah tujuan dengan menggunakan smartphone Android cukup mudah. Pertama masuk ke dalam aplikasi google maps di perangkat adroid.

Setelah masuk ke dalam aplikasi google maps. Selanjutnya tentukan lokasi rumah. Misal, lokasi rumah ada di Jalan Kacapiring, Kota Bandung dan akan mengukur jarak ke sekolah terdekat yaitu sekolah SMPN 20 Bandung. Pada aplikasi google maps tekan dan tahan jari pada lokasi rumah yang telah anda tentukan.

Setelah muncul poin lokasi berwarna merah, klik tombol/tanda Info Selengkapnya lalu klik tombol Ukur Jarak. Selanjutnya arahkan pointer ke sekolah tujuan dengan cara menggeser peta google maps sampai pada lokasi sekolah tujuan.

Jika sudah, maka pada bagian bawah aplikasi google maps terdapat keterangan 322 meter. Yang artinya, jarak garis lurus antara rumah anda dengan sekolah tujuan adalah sejauh 322 meter. Angka tersebut dapat dijadikan acuan dalam menentukan jarak dari rumah ke sekolah tujuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan