Mahasiswa Se-Malang Raya Deklarasikan Himapindo

BANDUNG – Mahasiswa dari berbagai macam institusi se-Malang Raya mendeklarasikan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) di Auditorium Hotel Pelangi Malang, Kamis (5/6). Kegiatan ini dihadiri berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Himapindo sendiru memiliki visi menjadi pengusaha sebelum sarjana. Dengan motto mandiri, sinergi, mengabdi. Lahirnya organisasi ini untuk membangun peradaban ekonomi Indonesia yang berdaulat dan mensejahterakan.

Eenk Heryono, Sekretaris Jenderal Himapindo menyampaikan, mahasiswa saat ini yang adalah generasi milenial tetapi hanya modal selfie, eksis di media sosial. Sekitar empat ribu lebih perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yang di dalamnya terdapat 6 juta mahasiswa. Dari total itu, sekitar 1,5 juta mahasiswa lulus setiap tahunnya. Dan pada akhirnya menjadi pengangguran.

“Dengan adanya Himapindo, diharapkan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Minimal ada 5 hingga 10 mahasiswa menjadi pengusaha baru tiap tahunnya,” jelasnya.

Sebanyak tujuh komponen yang akan dikombinasikan oleh Himapindo sebagai mitra jaringan kerja sama. Di antaranya adalah mahasiswa, kampus, pengusaha, notaris, perbankan, pemerintah pusat dan daerah, konsultan pajak dan keuangan.

Dalam kegiatan ini juga dipaparkan materi tentang langkah-langkah strategis menjadi pengusaha sebelum sarjana dan motivasi menjadi mandiri dalam memiliki usaha sendiri bahkan dan berbadan hukum yang disampaikan langsung Ketua Umum Himapindo Budiyanto.

“Karena organisasi ini bekonsentrasi pada pembentukan karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan sebagaimana motto Himapindo,” tegas Budiyanto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Limbah Indonesia (Aspelindo) ini.

“Fakta hari ini di negeri kita Indonesia sudah 73 tahun merdeka tapi jumlah pengusaha masih berkisar kurang dari 2 persen. Angka tersebut sangat minim untuk membuat Indonesia sejahtera dan mandiri dalam bidang ekonomi,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, generasi melenial butuh sebuah gerakan agar tercipta kesadaran untuk mencetak lebih banyak lagi jumlah pengusaha Indonesia di masa yang akan datang.

“Makanya, dibentuklah Himapindo untuk menciptakan kemandirian ekonomi di Indonesia. Tidak ada pilihan yang terbaik bagi mahasiswa saat ini kecuali mempersiapkan diri menjadi pengusaha,” pungkasnya. (and)

Tinggalkan Balasan