Bupati Heran Banyak Sampah

SOREANG – Banyaknya sampah yang kembali menumpuk di beberapa titik wilayah Kabupaten Bandung, membuat Bupati Bandung Dadang M Naser sangat heran, pasalnya dirinya mengetahui bahwa instansi terkait telah melakukan pengangkutan sejak liburan idul fitri.

“Kami berharap masyarakat bisa ikut berperan serta dan dapat lebih aktif dalam menangani masalah sampah ini agar tidak terus terulang. Selain itu kami pun ingin semua pihak melihat lebih luas persoalan tersebut dengan tidak selalu menuding pemerintah,” ungkap Dadang saat di konfirasi lewat telephone seluler, Minggu (1/7).

Selain itu, menurut Dadang, terkait kesadaran rakyat harus terus di berikan hibauan-himbauan. Dan perlu diketahui ketika ada sampah sedikit lalu diangkut petugas malah datang lagi (esoknya) dua kali lipat, oleh karena itu, hal Ini sangat aneh masyarakat di Kabupaten Bandung belum sadar tentang pengelolaan sampah.

Dadang juga mengaku, telah menginstruksikan kembali supaya instansi terkait dan aparat di wilayah ikut menyosialisasikan lagi mengenai hal positif bila pengelolaan sampah dilakukan salah satunya dapat menjadi sumber ekonomi.

“Kami telah tegaskan sampah itu bisa menjadi sumber ekonomi kalau dikelola dengan baik, diantaranya botol, plastik, hingga kertas itu bisa didaur ulang dan dijual, dengan berbuat seperti itu, maka akan menambah perekonomian. Makanya kami dari Pemkab sudah wajibkan tiap BUMDes punya unit usaha bank sampah,” paparnya. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan