Satpol PP Kurang Personil

CIMAHI– Semenjak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi berubah status dari kantor menjadi dinas, ditambah dengan bergabungnya bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP sangat kekurangan personel, baik di bagian kesekretariatan maupun di bagian perkantoran.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, melakukan penanbahan personil. Tambahan personil tersebut membuat Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Cimahi akan lebih gencar lagi melakukan penegakan Peraturan Daerah (Perda).

Pelaksana Tugas (Plt) Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, 2018 ini, Satpol PP, mendapat tambahan personel sebanyak 50 orang. Ke-50 orang petugas Satpol PP tersebut dikontrak dengan status Tenaga Harian Lepas (THL).

“Mereka bisa menambal kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini dialami Satpol PP,” katanya, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jum’at (29/6).

Menurut Dadan, penambahan personil ini sangat diperlukan sebab beberapa seksi di Satpol PP dan Damkar masih kekurangan anak buah. Termasuk personel di kesekretariatan. Dengan tambahan personel baru, maka jumlah keseluruhan SDM yang dimiliki Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi mencapai 181 orang.

Dan dengan tambahan tersebut, pihaknya akan lebih gencar melakukan penertiban. Seperti penertiban minimarket ilegal dan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di zona terlarang.

“InsyaAlloh kita akan lebih gencar dalam penegakan Perda,” tegasnya.

Dadan menuturkan, para personel tambahan tersebut akan ditugaskan untuk keamanan di sekitar lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Selain itu, mereka akan diperbantukan untuk melaksanakan penertiban PKL. “Dengan tambahan ini, saya kira mencukupi. Pengendalian PKL itu perlu personel banyak,” tuturnya.

Sementara untuk personil perempuan, pihaknya berencana akan menugaskan mereka di lapangan, agar pendekatannya lebih humanis dan menghindari gesekan.

“Karena walaupun Cimahi ini kecil, tapi permasalahannya lumayan besar makanya butuh tambahan personel,” pungkasnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan