Pencoblosan di Lapas Aman dan Kondusif

BANDUNG – Pelaksanaan pemungutan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) pada Pilkada dan Pilgub telah dilakukan dan berjalan aman dan tertib.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Indro Purwoko mengatakan, berdasarkan hasil laporan diseluruh Lapas yang menyelenggarakan pemungutan suara telah dilakukan dan berjalan dengan aman dan tertib.

Begitupun, ketika pihaknya melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkada Rutan Kebonwaru, telah berlangsung dengan aman. Bahkan, bagi warga binaan, telah menggunakan hak pilihnya.

Dia menyebutkan, untuk rutan dan Lapas se Jawa Barat, terdapat 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didirikan dari 33 Rutan dan Lapas. Selain itu, untuk TPS-TPS tersebut telah ditempatkan penambahan pengamanan yang memadai dari pihak kepolisian dan petugas.

’’ Jadi Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tidak ada kendala apapun,”jelas Indro ketika ditemui di lapas Kebon Waru kemarin (27/6)

Disinggung, terkait adanya informasi banyaknya warga binaan yang tidak menggunakan hak suarannya dan lebih memilih Golput Indro menjelaskan, bahwa pihaknya belum memeriksa secara langsung adanya informasi tersebut. Sebab, selama ini KPU sudah melakukan sosialisasi di setiap Lapas yang akan menyelenggarakan pemungutan suara.

“Ada juga laporan surat suara yang rusak di Lapas Sukamiskin, tapi semua bisa teratasi menggunakan surat suara cadangan,” tandasnya.

Indro kembali menegaskan, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak di Lapas dan Rutan di Jawa Barat, berlangsung aman, lancar, dan kondusif.

Kendati begitu, berdasarkan pengakuan dari warga binaan di Lapas Jelekong pihaknya tidak mengetahui kalau pada 27 Juli ada pencoblosan. Hal ini disebabkan KPU setempat tidak melakukan sosialisasi. (mol/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan