Pelantikan Iriawan Sesuai Aturan

Penjabat gubernur juga bukan pejabat politik, sehingga harus memiliki kemampuan lebih serta keleluasaan dalam mengawal netralitas ASN dan jajaran TNI/Polri dalam pilkada serentak tahun 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk memastikan pilkada serentak 2018 berjalan lancar, maka Iriawan harus berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat, Bawaslu Jawa Barat dan dibantu oleh TNI dan Polri.

“Saya juga berharap Penjabat Gubernur Jabar segera melakukan komunikasi intensif dengan DPRD setempat apabila ada kebijakan-kebijakan teknis di pemerintahan,” katanya

Sementara itu, Mochamad Iriawan mengaku kaget ketika diberi tahu oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bahwa dirinya akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.

“(Dihubungi Mendagri) itu lebaran kedua ya, jam 8 malam dikasih tahu kabar ini, kaget tentunya. Jadi baru tahu juga, kami sedang ada di Surabaya, sedang bersilaturahim dengan besan makanya langsung kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan,” kata M Iriawan.

Sementara itu, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari berharap Penjabat Gubernur yang baru dilantik langsung bekerja bersama pihak terkait memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jawa Barat.

“Atas nama pribadi dan institusi, saya ucapkan selamat hari ini Penjabat Gubernur Jawa Barat Pak M Iriawan resmi dilantik. Saya berharap beliau bisa langsung bekerja ya,” kata Ineu.

Ia mengatakan, sejumlah tugas besar menanti Iriawan seperti pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, pemantauan arus balik Lebaran 2018 dan lain-lain.

“Saya yakin dalam waktu singkat ini Pak Iriawan bisa bersama-sama bekerja untuk menuntaskan tugas-tugas tersebut,” kata Ineu.

Selain itu, lanjut Ineu, sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, ia berharap Iriawan juga bisa menjaga netralitas para ASN dan memastikan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Provinsi Jawa Barat berjalan aman dan lancar.

Di tempat sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya telah melaporkan dengan
menggelar pembicaraan panjang dan detil terkait kondisi Pemprov Jabar.

Program-program yang sedang dan akan berjalan. Jadi kami sepakat untuk pelayanan publik dan roda pemerintahan prinsipnya tidak ada jeda, terus berjalan,” kata Iwa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan