Dari Pesantren Berkhidmat Untuk Warga Jawa Barat

Kiprah di partai politik pula yang mengantarkan Kang Uu sebagai anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari PPP sejak tahun 1999 – tahun 2004. Pada tahun 2004, Kang Uu terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya hingga 2009. Ia kemudian menjadi terpilih lagi menjadi anggota DPRD kabupaten Tasikmalaya untuk yang ketiga kalinya.

Pada tahun 2011, suami Hj. Lina Marlina, SE ini kemudian mencoba peruntungan untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya. Upayanya ini terwujud. Dalam pilkada tahun 2011, Kang Uu yang berpasangan dengan Ade Sugianto berhasil memenangkan pilkada Kabupaten Tasikmalaya dengan perolehan suara tertinggi diantara tujuh pasangan cabup/cawabup yang mengikuti kontestasi. Ayah tiga orang putri ini, menjadi Bupati Tasikmalaya yang ke-21.

Usai menjabat periode pertama sebagai Bupati, pada tahun 2016 Pasangan Uu – Ade kembali mencalonkan diri sebagai Cabup/Cawabup Kab. Tasikmalaya. Uniknya, saat periode kedua kepemimpinannya pada 2016. Saat itu, pasangan UU Ruzhanul Ulum-Ade Sugianto merupakan calon tunggal di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya. Mereka pun terpilih kembali dengan mekanisme pemungutan suara setuju atau tidak setuju.

Segudang prestasi

Sejak menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya, Kang Uu tercatat sudah mengantongi 32 penghargaan dari berbagai bidang. Pada tahun 2012, pria yang hobi bersepeda ini dianugerahi penghargaan atas komitmen dan dukungannya dalam penyelengaraan pelayanan penerapan e-KTP. Bersamaan dengan itu, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mencapai target perekaman e-KTP lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan.

Di bidang pertanian, Uu yang sangat menaruh perhatian pada upaya pembangunan bidang pertanian, mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian atas peran aktifnya dalam peningkatan pembangunan di bidang pertanian serta peningkatan produksi gabah pada 2014.

Di tingkat nasional, Pria yang kerap mengenakan peci hitam sebagai ciri khasnya ini, juga menerima Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI karena dianggap berjasa bagi negara dalam bidang pertanian.

Berbekal pengalaman sebagai wakil rakyat, dan bupati dua periode, Kang Uu dalam beberapa kesempatan, Uu kerap menyampaikan keinginannya untuk berkiprah di tingkat yang lebih luas yaitu menjadi pemimpin Provinsi Jawa Barat. Menurut dia, menjadi anggota DPRD dan bupati sudah dilakoni. Namun, jika menjadi pemimpin di tingkat provinsi, Ia akan lebih banyak memberikan kemanfaatan untuk lebih banyak orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan