78 Calon Pengawas TPS Ikut Tahap Wawancara

PUSAKANAGARA – Pan­waslu Kecamatan Pusaka­nagara mulai melakukan tahap wawancara dengan calon pengawas TPS (Tem­pat Pemungutan Suara), kemarin (1/6). Dalam kes­empatan itu, sebanyak 78 orang yang dinyatakan lolos berkas mengikuti wawancara untuk diseleksi menjadi 74 orang.

Divisi SDM dan Organ­isasi Panwascam Pusaka­nagara, M Asrori mengung­kapkan, kegiatan wawan­cara serentak digelar oleh Panwascam di Kabupaten Subang.

“Kita dikasih jadwal hanya satu hari untuk melaku­kan wawancara untuk calon pengawas TPS,” ungkapnya ketika ditemui Pasundan Ekspres.

Asrori berujar, jumlah 74 orang yang akan diterima nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan TPS yang ada di 7 desa di kecamatan Pusakanagara.

“Betul, yang nanti diambil 74 yang akan disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada,” ujarnya

Ia menambahkan sampai pada proses wawancara desa ke-6, tingkat kehadiran pe­serta yang ikut wawancara mencapai 100 persen. Ia juga mengungkapkan se­lama jalannya wawancara berlangsung aman, kondusif dan lancar.

“Alhamdulillah lancar, sampai saat ini peserta juga masih ada yang wawancara dari desa kalentambo,” be­bernya.

Namun menurutnya, ada kendala yang dihadapi dalam proses perekrutan pengawas TPS. Sebab, pengawas TPS yang notabene masih baru, belum terlalu mengundang animo masyarakat untuk ikut mendaftar.

“Jadi masyarakat belum banyak yang minat dan be­lum tahu, tapi kalau KPPS banyak yang minat. Kar­ena untuk pengawas TPS masyarakat belum menge­tahui,” tandanya.

Dalam proses wawancara sendiri kata Asrori, calon pengawas TPS ditanyakan beberapa hal terkait moti­vasi mendaftar, pengetahuan dasar mengenai pengawasan pemilu, serta kesiapan kerja penuh waktu.(ygi/din)

Tinggalkan Balasan