Akur Soroti Fasilitas Kesehatan

NGAMPRAH – Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wa­kil Bupati Bandung Barat no­mor urut tiga, Aa Umbara dan Hengky Kurniawan berkomit­men untuk melengkapi seluruh fasilitas kesehatan yang ada di setiap RSUD serta puskesmas di Kabupaten Bandung Barat.

Komitmen tersebut harus diwujudkan lantaran saat ini banyak fasilitas tidak lengkap di setiap RSUD yang membe­ratkan masyarakat. Itu dapat terlihat saat Hengky menemui seorang ibu dari Gununghalu yang hendak melahirkan namun terganjal fasilitas tidak lengkap sehingga harus dirujuk ke wilayah lain.

Alasan pasien tidak dirujuk ke RSUD Cililin, menurut in­formasi keluarga pasien, kata Hengky, RSUD Cililin kurang dengan peralatan kesehatan­nya. Bahkan tidak ada dokter jaga sehingga pasien enggan ke sana dan minta rujukan ke rumah sakit di daerah tetan­gga, yakni di Kota Cimahi.

”Kurangnya fasilitas kese­hatan ini sangat memprihat­inkan. Apalagi bagi seorang ibu yang mau melahirkan,” kata artis yang diusung oleh Partai Demokrat, Nasdem, PAN, PKS dan PKPI dalam pencalonannya tersebut.

Menurut Hengky, tempat pe­layanan kesehatan di KBB, se­perti puskesmas dan RSUD perlu ditingkatkan. Jika selama ini puskesmas hanya melayani dengan keterbatasan waktu pelayanan dan fasilitas minim, maka ke depannya harus mam­pu memberikan pelayanan rawat inap secara menyeluruh.

”Sehingga seluruh warga terutama yang tinggal di pelosok bisa mendapatkan pelayanan kesehatan cukup di puskesmas dengan jarak yang lebih dekat,” terangnya.

Dikatakan Hengky, itulah salah satu program bidikan Akur dalam melakukan pe­rubahan terhadap pelayanan kepada masyarakat Bandung Barat. Bahkan Akur membe­rikan perhatian khusus pada ibu hamil yang berasal dari keluarga kurang mampu un­tuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Hengky men­janjikan, Akur akan meng­gratiskan biaya persalinan bagi warga kurang mampu.

”Termasuk program kami akan memberikan biaya se­cara gratis bagi warga yang kurang mampu saat akan melahirkan. Itu program yang kami jalankan bila terpilih dan mendapat amanah dari ma­syarakat,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan