Latih Pemuda Berjiwa Enterpreneur

BANDUNG – Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) Jawa Barat meluncurkan program Gemura Entrepreneur sebagai upaya memfasilitasi generasi muda Jawa Barat yang ingin memulai wirausaha tapi terkendala pengalaman. Melalui program tersebut, nantinya akan diberi pembekalan kelas bisnis, diberi modal serta bimbingan hingga pemasaran.

Ketua Dewan Pembina Gemura Jawa Barat, Elih Halimah mengatakan, pihaknya siap menjadi fasilitator bagi para generasi muda yang ingin memulai usaha seperti memberi sarana dan dan prasarana termasuk membangun jejaring atau networking. Sehingga, ketika kreativitas wirausaha baru tersebut muncul, maka tidak akan lagi menghadapi berbagai kendala.

“Pola pikir pemuda itu yang harus diubah, caranya dengan kelas bisnis supaya stabilitas ekonomi muncul dari dirinya. Bagaimana potensi diri mereka jadi barang dagangan,” kata Elih di Bandung (24/05).

Dikatakan Elih, pihaknya menginginkan generasi muda mampu menjadi dirinya sendiri atau tidak bergantung pada kepemimpinan maupun psikologis. Dengan adanya program Gemura Entrepreneur, generasi muda mampu berwirausaha serta merekrut orang lain dan saling berhubungan dalam konteks positif.

Menurutnya, selama ini pemerintah atau Non Governmental Organization (NGO) hanya memberi pelatihan, permodalan tanpa pernah memberikan pembinaan potensi yang dimiliki generasi muda. Sementara, Gemura Entrepreneur tentunya akan memberikan fasilitas, modal dan juga mengantarkan setiap pelaku usaha dalam segi pemasaran.

“Tentu kita akan latih start up dan memasarkan produk ala zaman sekarang,” kata dia.

Selain itu, Gemura Jawa Barat juga akan mempersiapkan para generasi muda agar siap bersaing dalam industri saat ini yang mengarah pada era digitalisasi. Pasalnya, Industri yang memanfaatkan dunia digital tidak memerlukan modal tinggi untuk mengembangkan usahanya karena lebih memilih memanfaatkan sistem kemitraan.

“Usaha itu harus kenal dunia digital karena modalnya dikit, misalnya sekarang mau usaha tapi nggga ada modal, maka pasar digital adalah solusinya. Mudah-mudahan ini semua pengusaha kecil, bisa dikenalkan dengan teknologi digital,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Gemura Jawa Barat, Oktasari Sabil mengatakan, program yang mendukung pengusaha baru tersebut pertama kali diresmikan di Jawa Barat. Namun, pihaknya juga akan mengembangkan program tersebut di provinsi lainnya agar semakin banyak generasi muda yang tertarik menekuni dunia wirausaha.

Tinggalkan Balasan