Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, belum lama ini, melakukan uji coba pembuatan bahan bakar minyak dari sampah pelastik.

Sekretaris DLHK Kota Bandung, Dedi Dharmawan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi sekali uji coba pembuatan bahan bakar minyak dari plastik dengan mengunakan alat sederhana.

“Sangat mengapresiasi komunitas Get Plastik, yang sudah mampu menyulap plastik menjadi bahan bakar,” ucap Dedi, kepada wartawan.

Tambah Dedi, jika alat ini digunakan di tiap RW, ia percaya sampah plastik akan habis di tempat.

“Kalau alat ini bisa diterapka dan digunakan disetiap RW. Sudah pasti, tidak ada lagi sampah plastik. Lantaran berubah menjadi bahan bakar,” ungkapnya.

Sambung Dedi, persoalan sampah plastik di Kota Bandung pun sudah sangat serius. Sebanyak 40% sampah Kota Bandung adalah sampah anorganik yang sebagian besarnya adalah plastik.

“Kalau untuk diproses oleh DLHK akan panjang jalurnya. Tapi kalau ini diterapkan di kewilayahan oleh RW-RW saja, ini akan sangat bermanfaat,” tandasnya.

Sementara itu, Komunitas Get Plastk Dimas Bagus Wijanarko telah membuktikan bahwa sampah plastik bisa diubah menjadi bahan bakar.

Peralatan yang digunakan sangatlah sederhana serangkaian pipa yang terhubung dengan tabung vakum bertekanan tinggi. Tabung ini tersambung dengan gas elpiji yang berfungsi sebagai pemanas,” kata Dimas.

Cara kerjanya pun terbilang cepat, sampah plastik dimasukkan ke dalam tabung vakum. Tabung kemudian dipanaskan hingga mencapai suhu 400 derajat Celcius.

“Lima menit kemudian, setelah melewati jalur pendinginan, tetesan-tetesan minyak murni keluar dari pipa,” pungkas dia. (rik/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan