Tadarus Jadi Rutinitas ASN

SOREANG – Untuk meningkatkan amal ibadah di bulan Ramadan aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung telah melakukan kegiatan baca alquran (Tadarus) secara rutin sebelum memulai aktifitas bekerja.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, aktivitas mengaji tadarus alquran ini dianjurkan kepada semua jajarannya agar menjadi nilai plus di bulan Ramadhan. Sehingga, berdampak untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual.

“Ini tentu saja hal positif yang mendatangkan berkah dan rahmat Allah. Karena melalui agenda tadarus, kita bisa lebih meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual kita menjadi lebih elok,” kata Dadang saat di wawancara di rumah dinasnya kemarin (22/5).

Dadang mengatakan, Tadarus ini dilakukan untuk seluruh ASN saja tetapi, dilaksanakan kepada setiap orang yang bekerja dilingkungan Pemkab Bandung.

Dadang mengungkapkan, saat ini Dinas Perpustakan dan Arsip Pemkab Bandung sudah melaksanakan kegiatan Tadarus secara rutin dengan melibatkan masyarakat. Sehingga, dia berharap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diharapkan melakukan hal sama.

Menanggapi hal itu, Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati mengatakan, aktivitas religi tersebut sudah menjadi agenda rutin selama bulan Ramadan dari tahun ke tahun.
Menurutnya, bukan saja sesuai anjuran Bupati Bandung, tetapi yang terpenting adalah bagaimana ASN tetap istiqomah dalam beribadah, sehingga pahala akan berlipat ganda.

“Kita rutin membaca Al-Quran sebelum bekerja selama bulan Ramadhan, mengharap pahala Allah SWT. Disini tidak kurang dari 30 orang ASN setiap hari mengaji di perpustakaan,” ungkap Tri Heru.

Agenda mengaji kata dia, dilakukan rutin pada pukul 08.00 WIB selama sekitar 1 jam. Pada bulan Ramadhan lanjutnya, selain mengaji, ada juga agenda rutin Ramadan yang melibatkan masyarakat, khususnya para pelajar.

“Sejak tanggal 21 Mei sampai 8 Juni 2018 tadarus dan belajar baca tulis Al-Quran untuk ASN dan pemustaka, kemudian di tanggal 23 Mei akan digelar lomba menggambar cinta perpustakaan untuk pemustaka tingkat TK, SD dan SMP,” imbunya.

Tri heru menambahkan, agenda lain pada tanggal 24 mei 2018, akan digelar lomba mewarnai dengan tema Rindu Ramadan yang diikuti pemustaka tingkat PAUD/TK, SD sampai kelas 3 SD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan