Kodam III Siliwangi Turunkan 6500 Babinsa

BANDUNG – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan memastikan, sekitar 6500 Babinsa yang berada di wilayah Jawa Barat dan Banten akan membantu pihak Kepolisian untuk pengamanan kondusifitas Pilkada dan ancaman terorisme.

Bahkan kata dia, semangat pengamanan tersebut ditambah dengan diberikannya 650 sepeda motor trail dan 6500 jaket kepada Babinsa di Jabar dan Banten untuk memperlancar patroli yang dilakukannya di lapangan.

“Saya memberikan mereka sepeda motor dengan identitas lengkap di situ tertulis identitas Kodim tertulis nama mereka akan melaksanakan tugas patroli wilayah dengan armada sepeda motor lengkap dengan identitas Babinsa,” kata Mayjen TNI Besar Harto, Selasa (22/5).

“Saya punya Babinsa 6500 di wilayah Jabar dan Banten yang siap membackup mendukung kepolisian melaksanakan kegiatan pengamanan terhadap demokrasi,” tambahnya.

Diakuinya, sepeda motor yang diberikan tersebut mempunyai ciri, dimana ketika masyarakat melihat sepeda motor tersebut artinya ada prajurit Babinsa yang sedang melakukan patroli.

“Jadi sepeda motor itu dilihat dari samping dari depan Itu kelihatan ada petugas dalam arti Babinsa di sana. Jadi walaupun sepeda motornya nangkring di pinggir jalan orang tahu di sana ada petugas Babinsa,” ujarnya.

Cara ini merupakan daya tangkal yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga mereka akan berpikir untuk berbuat tindakan kriminal di tempat tersebut.

Disamping itu, terkait aksi terorisme yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Surabaya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan apabila ada tindak tanduk yang mencurigakan segera melaporkan kepada Babinsa yang hadir di daerah tersebut.

“Kita lakukan deteksi dini bagi masyarakat yang melihat sesuatu yang mencurigakan laporkan segera kepada Babinsa kita tindak lanjuti siapa orang yang kita curigai,” pungkasnya. (rmo/nie/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan