Melejitkan Prestasi Sekolah Melalui Kerjasama Dengan Sekolah Luar Negeri

SEKOLAH yang maju bisa dilihat dari jumlah prestasi yang di perolehnya. Prestasi tersebut bisa didapat dari bidang akademis ataupun non-akademis. Tentunya, perolehan prestasi tersebut juga haruslah senantiasa diinformasikan ke masyarakat luas. Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui akan prestasi dari sekolah tersebut. Dengan demikian diharapkan akan banyak pendaftar yang mau bersekolah di tempat tersebut terutama pada masa penerimaan peserta didik baru saat ini.

Selain faktor prestasi baik akademis ataupun non-akademis seperti yang di sebutkan di atas, tentunya banyak hal lain yang juga tak kalah penting untuk senantiasa di perhatikan oleh sekolah tersebut. Seperti peningkatan layanan pendidikan dalam hal administrasi ataupun pembelajaran. Sekolah harus senantiasa bergerak, mencari inovasi dan terobosan baru dan tidak monoton, sehingga perkembangan dan  percepatannya bisa terlihat dan dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Dengan adanya internet yang berkembang pesat saat ini, sekolah dengan sangat mudah untuk berbagi informasi. Semua hal dapat di bagikan dengan cepat serta dalam jangkauan yang super luas. Dengan pemanfaatan media sosial, arus informasi tidak berjalan hanya satu arah, namun akan menjadi dua arah bahkan interaktif. Lebih jauh lagi komunikasi yang dilakukan bisa bersifat realtime. Waktu tunda informasi sudah tidak akan terjadi saat semua orang sudah mampu mengakses jaringan internet dengan begitu mudah. Kejadian yang terjadi detik ini maka akan tersebar detik ini pula, yaitu salah satunya dengan fasilitas siaran langsung yang dapat di lihat di media sosial.

Dengan adanya media sosial di internet seperti facebook, twitter, Instagram, tentunya akan mempermudah juga hubungan antar sekolah, tidak hanya satu wilayah atau satu negara. Bahkan saat ini, menjalin kerjasama dua sekolah yang berbeda negara pun sangat mungkin di lakukan dan rata-rata semua diawali dengan adanya media sosial dan juga website. Jalinan kerjasama secara fisik biasanya akan dimulai dengan jalinan kerjasama secara maya (red: internet). Apabila jalinan secara maya sudah terjalin dengan baik maka biasanya kerjasama secara real pun terjadi. Saat masing-masing sekolah sudah mampu berkomitmen menjalin kerjasama dalam dunia maya, maka langkah selanjutnya adalah merajut kerjasama secara nyata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan