Tingkatkan Pengamanan Objek Vital di Jabar

BANDUNG – Menyusul aksi pemboman di Surabaya, Jawa Timur, Jajaran Polda Jawa Barat meningkatkan pengamanan di sejumlah objek vital, terutama rumah-rumah ibadah.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya akan melakukan peningkatan pengamanan dengan menempatkan sejumlah personel bersenjata lengkap.

”Kami akan melakukan pengamanan rumah ibadah ditingkatkan dan peningkatan keamanan lebih optimal lagi,” kata Trunoyudo saat memberikan keterangannya, kemarin (13/5).

Pihaknya juga akan bersinergi dengan TNI dan instansi terkait lainnya, untuk menjaga keamanan dari hal-hal tak diinginkan. “Atas petunjuk Pak Kapolda, untuk tingkatkan kewaspadaan dan sistem keamanan, khususnya preventif, dan bergabung dengan instansi lain, termasuk TNI dan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Pihaknya akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Bandung.

”Silakan beraktivitas seperti biasa. Kami, kepolisian akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Bandung,” imbaunya.

Dikatakan dia, untuk saat ini pihaknya sudah menerjukan tiga kompi pasukan Shabara Polrestabes Bandung dan Brimob untuk melakukan patroli di Kota Bandung.

”Shabara Brimob tengah melakukan patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Bandung,” tuturnya.

Hal sama dilakukan jajaran Polres Cimahi mereka melakukan penebalan keamanan di sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum polres Cimahi.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara memastikan, kondusifitas di wilayah hukum Polres Cimahi masih aman.

”Cimahi dan Bandung Barat hingga kini masih kondusif,” sebutnya saat ditemui di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat kemarin (13/5).

Menurutnya, Polres Cimahi telah meningkatkan kewaspadaan dan keamanan di wilayah Cimahi dan Bandung Barat, termasuk di rumah-rumah ibadah. ”Kita ada penebalan kekuatan personel Polres Cimahi. Peningkatan kewaspadaan di kantor (polisi) dan tempat-tempat ibadah,” tegasnya.

Untuk penebalan kekuatan di wilayah hukum Polres Cimahi, kata Rusdy, ada suntikan tenaga tambahan dari anggota Brimob Polda Jawa Barat. Termasuk untuk penjagaan tempat ibadah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan