Ramadan Bandung Harus Kondusif

BANDUNG – Menjelang datangnya Ramadan Pejabat Sementara (pjs) Wali Kota Bandung Muhammad Solihin menggelar doa bersama yang diadakan di pendopo kota Bandung belum lama ini.

Acara yang dihadiri oleh ratusa ulama dari berbagai pondok pesantren diadakan sekaligus silaturahmi atas penghargaan memperoleh juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) belu lama ini.

“Ini adalah silaturahmi rutin tahunan. Sekaligus kita membahagiakan MTQ Kota Bandung yang telah menjadi juara di Sukabumi beberapa waktu lalu,” ujar Solihin ketika ditemui belum lama ini.

Solihin mengatakan acara ini juga sebagai ajang saling mengingatkan dan mendoakan dalam rangka memasuki Bulan Ramadan. Dia berharap dengan pertemuan tersebut bisa terjalin hubungan yang baik antara pemerintah dan ulama.

“Kita meminta bantuan dan doa agar Pilwalkot Bandung dan Pilgub Jabar di Bulan Ramadan nanti bisa berjalan lancar serta terpilih pemimpin yang amanah dan soleh untuk memajukan semuanya,” ucapnya.

Selain itu Solihin juga meminta bantuan pada ulama agar mengingatkan masyarakat untuk tidak menghamburkan uang, tidak produktif dan berprilaku konsumtif. Ia berharap para ulama bisa mengajak masyarakat untuk lebih produktif dalam kehidupan duniawi dan ibadah di Bulan Ramadan.

“Mudah-mudahan selama menjalankan ibadah keamanan di Kota Bandung bisa terus terjaga berkat terjalinnya kebersamaan antara pemerintah dan warganya. Juga saya berharap para ASN tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk telat dan kerja kendor,” pinta Solihin.

Di tempat yang sama Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl berharap Bulan Ramadan bisa mengurangi potensi gesekan dalam Pilkada. “Kita perbanyak ibadah agar mengurangi potensi konflik, ujaran yang tidak pantas. Karena kalau kita berbuat seperti itu maka pahala puasa kita bisa dikorting,” ucapnya.

Miftah juga mengajak agar para ulama Kota Bandung untuk memberi contoh pada warga untuk menjaga kedamaian, kondusifitas dan keamanan saat Pilkada di Bulan Ramadan nanti.

’’Ini harus disosialisasikan bulan Ramadan bisa menjadi waktu memperkaya pahala dengan rajin membaca Alquran,’’ tutup dia (mg3/yan)

Tinggalkan Balasan