Tingkatkan Kualitas ASN Bersama Unpad

SOREANG – Untuk meningkatkan kapasitas pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bandung menjalin kerjasama dengan Universitas Padjajaran.

Wakil Bupati Bandung, H. Gun Gun Gunawan mengatakan, perguruan tinggi memiliki tiga tujuan yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, pihaknya menjalin nota kesepakatan dikhususkan bagi pendidikan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung.

Dia memaparkan, salah satu persoalan yang ada di Kabupaten Bandung adalah masalah Demografi atau kependudukan. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 3,6 juta jiwa. Jika jika usia produktif diasumsikan sebanyak 60 persen maka pemerintah harus berfikir keras agar jumlah tersebut bisa diberdayakan dan tidak menjadi sia-sia.

“Memiliki jumlah penduduk kedua terbesar di Jawa Barat, merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan yang harus dikelola dengan baik dan tepat sasaran,” ujar Gun Gun usai penandatangan nota kesepakatan.

Berdasarkan acuan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kependudukan Kabupaten Bandung, rentan waktu 5-10 tahun mendatang Kabupaten Bandung akan mengalami surplus demografi. Sehingga, Pemerintah Daerah harus banyak berbenah

“Selama ini Pemkab Bandung selalu berupaya membuat program-program yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang terjadi di lapangan. Pemerintah juga memiliki ukuran-ukuran pasti sebagai antisipasi dan solusi berbagai program yang sudah dicapai dan yang belum,” terangnya.

Segala solusi yang dibuat, kata dia, hanya melalui pendekatan kuratif, namun harus terbiasa dengan pendekatan preventif. “Di lapangan terlaporkan saat ini, trennya angka pengangguran dan kemiskinan turun, sehingga jadi perhatian kami. Segala permasalahan harus diselesaikan dengan program-program yang sifatnya preventif,” ujarnya.

Kerjasama dengan perguruan tinggi ini, diharapkan Gun Gun, bisa mencapai skala prioritas Kabupaten Bandung, yakni peningkatan SDM para ASN di lingkungan. Pemkab Bandung.

“Kalau ada program-program silahkan dikerjasamakan dengan kami. Karena ini sangat membantu kami untuk upgrading kapasitas dan kualitas pemberdayaan, terutama di lingkungan Pemkab Bandung,” katanya.

Dirinya menambahkan, peluang peningkatan kualitas pendidikan semakin terbuka lebar saat diresmikannya akses tol Soreang-Pariskoja (Soroja) yang. Dengan terbukanya banyak akses ke Kabupaten Bandung, pihaknya mengajak setiap universitas membuka cabang di Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan