Gelar Operasi Patuh Lodaya

CIMAHI – Dalam upaya Cipta Kondisi jelang Ramadhan dan Lebaran 2018 serta untuk meminimalisir terjadinya laka lantas, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Cimahi gelar Operasi Patuh Lodaya 2018 di Rest Area KM 125 Tol Cipularang, Cimahi, Kamis (26/4) dengan bekerjasama Sat. Lantas Polres Cimahi. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Jasa Raharja, dan unit Kedokteran Kepolisian (Dokpol) Polres Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana menyebutkan, operasi ini digelar sebagai upaya preemtif dan preventif jelang Ramadan dan Lebaran 2018. Serta refresif untuk menindak setiap pelanggaran yang dilakukan para pengguna jalan.

“Yang diperiksa kelaikan kendaraan, serta kondisi pengemudi,” katanya didampingi Kasat Lantas AKP Suharto di rest area KM 125, kemarin (26/4).

Dalam operasi tersebut petugas memeriksa setiap kendaraan angkutan umum, dan angkutan barang yang melintas di Jalan Tol. Mereka digiring masuk ke rest area 125. Kendaraan yang diperiksa mulai dari kondisi ban, rem, hingga kelengkapan administrasinya.

Tidak hanya itu, para sopir juga diperiksa sehatannya sekaligus dilakukan tes urine. Menurut Rusdy, tes urine dilakukan untuk memastikan para pengemudi bebas dari narkotika dan psikotropika, serta zat adiktif lainnya.

“Alhamdulillah hingga saat ini, belum ada yang terindikasi menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan terlarang ataupun minum keras. Namun, jika ada yang terbukti akan ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Rusdy menjelaskan, dihari pertama digelarnya Operasi Patuh Lodaya 2018. ‎Kendaraan yang diperiksa kali ini lebih ke kendaraan besar, baik itu angkutan umum ataupun angkutan barang. Operasi Patuh Lodaya digelar terhitung hari ini hingga 14 hari kedepan. “Lebih banyak kendaraan besar. Tujuannya kurangi kuantitas dan kualitas fatal‎itas kecelakaan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi menyoroti banyaknya kendaraan angkutan umum dan barang yang masih menggunakan ban vulkanisiran. Selain, itu kondisi rem yang kurang layak juga jadi catatan Dishub Cimahi.

Plt Dishub Kota Cimahi Ruswanto mengatakan, dari hasil sementara kegiatan Operasi Patuh Lodaya 2018 dengan Sat Lantas Polres Cimahi, ditemukan masih ada beberapa kendaraan yang masih menggunakan ban vulkanisiran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan