Belajar Trik Dari Tanding Hoki Es

TANPA melihat tayangan ulang, gol pertama Bayern Muenchen yang bersarang ke gawang kiper Bayer Leverkusen Bernd Leno pada Rabu (18/4) lalu seperti dihasilkan oleh gelandang Javier Martinez. Tendangan keras Martinez dari di menit ketiga semifinal DFB Pokal 2017-2018 itu memang bikin kaget Leno.

Namun di papan skor yang tercantum malah penyerang Bayern Robert Lewandowski sebagai skorer pertama. Setelah melihat tayangan ulang barulah terlihat bagaimana Lewy yang dalam posisi membelakangi gawang melakukan flick dengan kaki kiri sehingga bola itu gagal dibendung Leno.

“Saya mempelajari trik ini dari para pencetak gol di (pertandingan) hoki es. Dan saya sudah melakukannya tiga atau empat kali, memberikan sedikit sentuhan agar bola membelok menjadi gol,” ungkap Lewy kepada Bild.

Kapten timnas Polandia tersebut membeberkan trik tersebut dilatihnya berulang-ulang. Sebab untuk menghasilkan gol dengan trik itu dibutuhkan momentum waktu serta posisi tubuh yang pas.

“Trik ini menyulitkan barisan pertahanan lawan terutama kiper. Sedikit sentuhan yang saya lakukan memberikan hasil yang berbeda untuk situasi tersebut,” kata bapak satu anak tersebut.

Ketika hendak melakukan trik pekan lalu, bek Leverkusen Jonathan Tah berada pas di belakang Lewy. Jadi, seandainya eks penyerang Borussia Dortmund itu tidak melakukan flick pada bola yang ditendang Martinez itu Tah akan menghadang bola tersebut.

Selain Leno, kiper Bayern Manuel Neuer juga pernah kena trik tersebut. Saat masih berkostum Dortmund, pada 12 April 2012, Lewy mencetak gol kemenangan Dortmund juga dengan flick tersebut. Gol tunggal tersebut mengantarkan Dortmund memenangi titel Bundesliga musim 2011-2012. Atau trofi terakhir Dortmund di ajang  Bundesliga dalam enam musim terakhir.

Apakah trik yang sama akan dipakai untuk mengelabui kiper Real Madrid Keylor Navas di semifinal dini hari nanti (26/4) ? “Kita tak pernah tahu, kapan momentum itu datang lagi,” tutur suami trainer fitness Anna Lewandowska tersebut. (dra/ign)

Tinggalkan Balasan