Al Ihsan Adakan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Operasi cangkok tulang pada celah tulang rahang penyangga gigi (tulang alveolar) dengan pembedahan. Operasi ini dila­kukan untuk menghasilkan tulang baru sebagai tempat tumbuhnya gigi dewasa bagian depan rahang atas. Operasi cangkok tulang ini dilakukan pada pasien dengan usia 7 tahun.

Perlu adanya edukasi kepada masyarakat mengenai infor­masi kelainan celah bibir dan langit-langit, dan pencegahan­nya serta penanganan apabila terdapat bayi yang lahir dengan celah bibir dan langit-langit. Peran dan perhatian dari te­naga kesehatan dan pemerin­tah setempat sangat diperlukan dalam memberikan edukasi dan penanganan penderita celah bibir dan langit-langit.

Dalam rangka promotif dan pengabdian rumah sakit ke­pada masyarakat maka RSUD Al ihsan provinsi Jawa Barat bersama Drg Achmad Mau­ludin Spesialis Bedah Mulut dan tim bedah mulut Jawa Barat bekerjasama perawat PPNI RSUD Al Ihsan dan Yayasan Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) Bandung bermaksud meny­elenggarakan kegiatan bakti sosial Operasi Bibir Sumbing dan langit-langit secara mas­sal dan Gratis untuk umum terutama masyarakat Bandung selatan dan sekitarnya pada tanggal 29 April 2018.

Saat ini RSUD Al Ihsan telah memiliki dokter spesialis bedah mulut yang tetap sehingga da­pat memberikan pelayanan pengobatan operasi bibir sum­bing dan celah langit-langit secara komprehensif dengan bekerjasama multidisiplin teman sejawat terkait di RSUD Al Ihsan. Pelayanan ini dapat dilakukan setiap hari pada jam kerja po­liklinik bedah mulut. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan