oleh

Apresiasi IBI Adakan Bulan Bhakti

BANDUNG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Wilayah Jawa Barat (Jabar) mencanangkan program Bhakti bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) wilayah Jawa Barat.

Kepala BKKBN Wilayah Jawa Barat, Teguh Santoso mengatakan, sebagai salah satu upaya percepatan pencapaian program KB kerjasama dengan IBI Jabar sebetulnya sudah sejak lama dibangun oleh BKKBN. Sebab, kontribusi IBI selama ini terhadap program KB memberikan pelayanan sebesar 90 persen.

’’ Bidan itukan banyak yang melayani KB apalagi bidan yang ada di pedesaan,” jelas Teguh ketika ditemui kemarin (17/4)

Dia mengatakan, melalui program Bhakti IBI 2018 ini diharapkan dapat menurunkan angka fertilitas (kelahiran) di Jabar yang masih berada di angka 2,4. Sebab, meskipun menurun dibandingkan tahun lalu angka tersebut belum sesuai dengan target yang ditetapkan pada RPJMN 2019.

‘’’BKKBN Jabar di 2017 harus bisa 2,31 dan di 2019 harus diangka 2,28 untuk Total Fertility Ratio nya,” jelas dia.

Selain itu, adanya Bhakti IBI ini diharapkan mampu mendongkrak partisipasi aktif program KB agar manfaatnya lebih dirasakan masyarakat, terutama masyarakat miskin.

Teguh menuturkan, keberadaan IBI harus bisa terintegrasi dan memperkuat keberadaan Kampung KB. Sebab, IBI sebagai tenaga kesehatan terdepan mampu memberikan pelayan terbaik, tuntas dan berkualitas kepada keluarga-keluarga dan masyarakat yang ada di Kampung KB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga