Ricciardo Raih Podium Tertinggi di GP Tiongkok

jabarekspres.com – Balap Formula 1 seri GP Tiongkok sempat dinilai bakal menjadi milik Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari ini mengawali sesi latihan pertama dengan tidak maksimal. Perlahan tapi pasti, penampilannya kian membaik hingga menjadi yang tercepat di sesi latihan ketiga dan babak kualifikasi.

Vettel pun menempati pole position di balapan sebenarnya. Sejak start, pembalap asal Jerman ini pun langsung memimpin barisan terdepan. Posisi ini mampu dipertahankan Vettel hingga melewati 20 lap. Namun, kesalahan perhitungan yang dilakukan tim Ferrari membuat posisi Vettel melorot ke posisi 3 usai melakukan pit stop pada menit 20.

Vettel berada di belakang Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas. Pada lap 27, Kimi disalip Bottas. Tak lama kemudian giliran Vettel yang menyalipnya. Kimi pun dipanggil masuk pit untuk melakukan pergantian ban.

Memasuki lap ke-30 sebuah insiden terjadi antara pembalap tim Torro Rosso, Pierre Gasly yang menghantam rekan satu timnya, Brendon Hartley. Insiden ini pun membuat sirkuit dipenuhi pecahan mobil dan membuat safety car keluar dari sarangnya. Hartley sendiri tak bisa menyelesaikan lomba karena mobilnya mengalami kerusakan.

Saat itulah perjudian dilakukan tim Red Bull Racing. Dua pembalapnya, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen dipanggil masuk ke dalam pit. Keduanya melakukan pergantian ban menjadi tipe soft. Memang, Ricciardo dan Verstappen kehilangan posisi mereka saat dipanggil masuk ke pit, tapi dampak yang didapat jauh lebih maksimal.

Percepatan jet darat tim Red Bull yang menggunakan mesin Mercedes ini pun lebih unggul dari tim lain yang masih menggunakan ban bertipe medium. Satu demi satu pembalap yang ada di depan mereka disalip. Termasuk dua pembalap tim Mercedes yang ada di depan mereka.

Saat balapan menyisakan 15 putaran lagi, Ricciardo menyalip Hamilton. Saat itu, Ricciardo pun mencatatkan lap tercepat dengan waktu 1:36:608 detik. Tak lama kemudian, giliran Vettel yang disalip oleh Ricciardo.

Sayang, upaya mendahului yang dilakukan Verstappen terhadap Vettel berbuah senggolan. Keduanya pun melintir dan mobil sempat melintang di tengah sirkuit. Posisi Verstappen pun melorot ke posisi 5 sementara Vettel menjadi ke-7. Insiden senggolan ini langsung diselidik saat itu juga oleh race direction.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan