11 Meninggal Akibat Miras Oplosan

CICALENGKA – Sebelas warga Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, meregang nyawa usai berpesta minuman keras oplosan, kemarin (8/4).

Informasi diperoleh, pesta miras oplosan itu sudah dila­kukan sejak Jumat (6/4) ma­lam di dua lokasi berbeda. Selain Sebelas orang mening­gal, Sepuluh lainnya hingga saat ini dirawat secara inten­sif di ruang IGD RSUD Cica­lengka. Satu orang di rujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, serta Lima lainnya telah dibolehkan pulang.

Imbas adanya kejadian itu, petugas kepolisian melakukan penggerebegan ke sebuah kios miras di Jalan Raya Bandung-Garut, Cicalengka. Kapolres Bandung AKBP In­dra Hermawan turun tangan langsung melakukan penutu­pan toko miras tersebut.

Meski demikian, Indra belum bisa memberikan keterangan secara rinci mengenai jumlah warga yang tewas akibat me­nenggak miras tersebut. Dia hanya menyebutkan hingga Minggu sore, yang baru masuk datang yakni sebanyak 23 orang masuk ke rumah sakit. ”Pu­luhan orang tersebut baru pasien, sedangkan korban sebanyak Sebelas orang, hingga kini kami masih men­dalami kasus kematian se­jumlah warga akibat miras oplosan ini,” kata Indra usai melakukan penggerebegan, kemarin (8/4) sore.

Dia menjelaskan, total ke­seluruhan korban yang ber­pesta miras pada Jumat malam lalu, berjumlah 27 orang, satu diantaranya merupakan wa­nita. Menurutnya, korban yang tewas semula berjumlah tiga orang pada Minggu pagi. Namun, kemudian hingga minggu siang, jumlah korban terus bertambah, hingga 11 orang, termasuk satu orang wanita.

Sementara, lanjutnya, 10 korban lainnya masih menda­patkan perawatan intensif di ruang instalasi gawat darurat, di RSUD Cicalengka, satu orang di rujuk ke RSHS Kota Bandung, dan lima orang lainnya dip­erbolehkan pulang.

”Sepuluh korban yang ma­sih dirawat, kini tengah dalam keadaan kritis. Bahkan salah satu warga yang telat dilarikan ke rumah sakit, meninggal dunia tak lama setelah sampai di ruang IGD RSUD Cicalengka,” terangnya.

Akibat kejadian ini, ungkap Indra, pihaknya langsung melakukan penggerebegan pada salah satu toko miras oplosan yang diduga miras tersebut yang mengakibatkan belasan orang tewas. Dari hasil penggerebegan, pihaknya berhasil menyita belasan je­rigen miras oplosan berjenis tuak dan ratusan botol miras.

Tinggalkan Balasan