Sudrajat Tawarkan Solusi Bank Tanah

BANDUNG – Berkunjung ke lokasi bencana longsor di daerah Dago Resort kabupa­ten Bandung. Calon Gubernur (Cagub) Nomor 3, Sudrajat mengatakan, Asyik –sebutan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, menawarkan konsep penyelesaian jangka panjang, yakni bank tanah.

“Ketika Asyik terpilih me­mimpin Jawa Barat, kami ingin membuat bank tanah. Dengan begitu, pengembang yang tidak bertanggung jawab tidak bisa sembarangan lagi,” ujar Cagub yang dipilih Pra­bowo ini di sela perjalanan kampanyenya kemarin (6/4).

Terkait lokasi banjir tersebut, Sudrajat menyebutkan sepan­jang pengetahuannya memang lokasi tersebut merupakan kawasan resapan air. ”Baru 20 tahun sudah banyak bangu­nan yang dikuasai oleh pe­gembang dan banyak tanah di atas puluhan hektar sudah dikuasai oleh pengembang,” ungkap Sudrajat.

Sudrajat menambahkan, di­rinya dapat memahami kabu­paten memerlukan Dana dan ini menyangkut masalah penda­patan asli daerah. ”Namun, jika perizinan pembangunan tidak memperhatikan aspek lingkungan. Yang perlu dipa­hami ialah, bukan hanya ling­kungan alamiah. Tetapi ada juga masyarakat tradisional yang sudah lama di daerah ini, tidak terganggu kenyamanan hidupnya,” papar Sudrajat.

Dia bahkan mengatakan banyak pengembang yang hanya memikirkan keun­tungan jangka pendek, tanpa mempertimbangkan efek jangka panjang. Dia berharap, jika Asyik terpilih, akan beru­paya sekuat upaya untuk menjadikan Jawa Barat ini sebagai daerah yang aman dari bencana sebagaimana yang sudah dirintis oleh Gu­bernur Ahmad Heryawan.

”Mudah-mudahan Jawa Barat ke depannya semakin aman dari bencana, senan­tiasa memperhatikan pembangunan berkelanjutan, memperhatikan aspek-aspek lingkungan hidup, baik bagi alam sekitar maupun masyarakat bisa terselamatkan,” pung­kas Cagub yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum Strategi Pertahanan Regional ASEAN ini. (yan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan