Dr. Martens, Seni Sepatu 8 Lubang

Yobby melanjutkan, pelaksanaan acara gathering tahunan dilakukan bertepatan dengan kelahiran sepatu Dr. Martens, yakni setiap 1 April. ”Kecuali kalau pas tanggal 1 itu weekday ya paling diundur beberapa hari biar pas weekend aja jadi kan banyak yang bisa dateng dari luar kota juga,” terangnya.

Untuk diketahui, sepatu Dr. Martens awalnya dibuat oleh seorang dokter Dr. Klaus Marten berkebangsaan Jerman ketika bertugas di masa Perang Dunia II. Saat itu, Dr. Klaus Marten tersebut mengalami cedera di bagian kaki lantaran boots yang dikenakannya kurang nyaman. Sehingga berinisiatif membuat sepatu boots sendiri.

Akhirnya lahirlah sepatu boots pertama buatan Dr Marten dengan merek namanya sendiri dan keluar pada 1 April 1960. Sepatu tersebut boots dengan tinggi melebihi mata kaki berlubang untuk delapan tali tersebut dikenal dengan tipe 1460.

Seiring ‎berkembangnya zaman, boots Dr. Martens bukan hanya dipakai oleh tentara saat berperang namun beralih menjadi sepatu bagi para kaum buruh di Inggris. Kemudian bergeser digunakan oleh kaum Skinhead dan akhirnya terus meluas hingga menjelma menjadi fashion untuk berbabai genre musik.

”Sekarang sih lebih ke fashion aja, gak usah pemain band atau karena genre tertentu, siapapun bisa make Dr. Martens asalkan suka aja,” pungkasnya. (rie)

Tinggalkan Balasan