Cetak Soal USBN Telan Dana Rp 189 Juta

NGAMPRAH – Untuk mempersiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) Dinas Pendidikan tengah menyiapkan anggaran pengadaan soal ujian.

Kepala Bidang SD Disdik KBB Jalaludin menyebutkan, pemerintah daerah sudah menganggarkan sekitar Rp 189 juta untuk pengadaan soal USBN di tahun ini yang sepenuhnya berasal dari APBD.

’’ Jadi soal dibuat oleh kita termasuk untuk kelulusannya. Dan kami pastikan pelaksanaan USBN untuk tingkat SD sudah siap,’’ kata Jalaludin ketika ditemui kemarin (27/3)

Dia memastikan, setiap sekolah tidak dibebani untuk membeli soal, sebab sepenuhya sudah menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Sementara, pihak sekolah hanya dibebani biaya transportasi ketika dilakukan pengawasan silang saat ujian.

“Biasanya suka ada silang pengawasan dari satu sekolah ke sekolah yang lain. Jadi pihak sekolah hanya mengeluarkan untuk transport pengawas saja bukan soal,” paparnya.

Dia menyebutkan, peserta USBN tahun ini akan diikuti sebanyak 26.300 siswa dengan jumlah sekolah mencapai 709 sekolah negeri dan swasta. Harapan kami setiap siswa bisa mencapai nilai maksimal dengan prestasi yang membanggakan. Karena setiap tahun kami terus menargetkan agar mutu dan kualitas pendidikan bisa terus naik.

Jalaludin menambahkan, USBN merupakan model pengganti Ujian Nasional (UN). Sebab, pada ujian kali ini terdapat dua terobosan yang membedakan secara siginifikan antara UN dan USBN.

Perbedaan pertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP dan SD.

’’ Jadi untuk soal-soal dan pendistribusiannya Insya Allah Disdik sudah siap dengan untuk memenuhi seluruh sekolah dasar,” pungkas Jalaludin. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan