Ating Sadar Banyak Diawasi

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melantik Ating Rusnatim sebagai Wakil Bupati Subang dengan sisa masa jabatan 2013-2018. Selain menjabat sebagai wakil bupati, Ating juga merangkap sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Subang.

Heryawan mengatakan, pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Subang non-aktif sebelumnya, yaitu Imas Aryumningsih yang tersandung kasus korupsi. Namun, dia menilai kasus tersebut bukan alasan pelantikan. Sebab, Imas memang sudah non-aktif karena terdaftar sebagai kandidat Pilkada Subang.

Menurutnya, pelantikan dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 132.32-442 Tahun 2018 Tanggal 14 Maret 2018 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Subang sisa masa jabatan 2013-2018. Artinya, Ating dilantik untuk mengisi jabatan kepemimpinan di Subang yang kosong.

”Setelah PJS menyelesaikan tugas langsung diganti oleh wakil bupati sekaligus PLT bupati. Mudah-mudahan menjadi penyejuk bagi sisa masa jabatan sampai dengan September 2018,” kata pria yang akrab disapa Kang Aher itu kepada Jabar Ekspres, kemarin (23/3).

Dikatakan Aher, ke depan Ating akan menjalankan tugas sebagaimana bupati dan wakil bupati lainnya dan memiliki kewenangan yang sama. Namun, wakil bupati terlantik juga memiliki batasan-batasan tertentu ketika akan melakukan penandatanganan Peraturan Daerah (Perda) maupun hal yang membutuhkan persetujuan Mendagri.

”Nanti akan ada Perda perubahan, maka harus seizin Kemendagri, mau rotasi/mutasi harus seizin Kemendagri, yang lainnya sama,” ujarnya.

Menanggapi banyaknya kasus yang menimpa para pemimpin di Subang, Aher pun berpesan agar Ating mampu menjalankan tugas dengan baik serta amanah. Dia meminta Ating berlaku jujur dan mematuhi hukum-hukum yang berlaku khusunya hukum keuangan serta tunduk terhadap norma-norma sosial dan keagamaan.

”Kalau ini dipatuhi, hukum-hukum yang berlaku di negeri kita. Kemudian amanah, Istiqamah tidak tergoda oleh hal-hal yang menyimpang Insya Allah aman,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Subang sekaligus PLT Bupati Subang, Ating Rusnatim mengaku akan menjalankan tugas seperti yang telah diamanahkan. Dirinya juga memiliki komitmen tidak akan melakukan korupsi seperti pemimpin Subang sebelumnya. Terlebh, dirinya telah disumpah di hadapan banyak pihak.

”Kita komit dengan sumpah itu dan kepada semuanya saya minta doanya agar saya bisa komit terhadap sumpah jabatan tadi,” tegas Ating.

Tinggalkan Balasan