oleh

Bulog Harus Beli Harga Tinggi Gabah Petani

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat meminta Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Bulog Divre) Jawa Barat mampu membeli gabah dengan harga tinggi untuk kesejahteraan para petani. Sebab, saat ini Bulog hanya menghargai gabah Rp 4.800 sampai Rp 5.000 sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang sudah ditetapkan.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Herry Dermawan mengatakan, pemerintah bisa saja menetapkan harga pembelian gabah dari para petani lebih tinggi. Namun, dia juga meminta agar pemerintah menyiapkan langkah sebagai antisipasi turunnya harga gabah supaya petani tidak mengalami kerugian saat panen raya.

“Kenapa Bulog hanya berani membeli Rp. 4.800-5.000 tapi pihak di luar Bulog bisa sampai Rp. 6.000, ini kenapa harus dicari dulu. Kalau mau menekan petani dengan harga segitu ya berikan subsidi diawal untuk petani,” kata Herry kepada Jabar Ekspres (19/03).

Dikatakan dia, meskipun pada akhirnya pemerintah tetap memberlakukan HPP, sementara saat ini petani meminta harga jual gabah Rp 6.000, maka pemerintah harus bisa memberikan solusi. Misalnya, lanjut dia, pemerintah bisa melakukan penambahan subsidi untuk bibit benih dan pupuk bagi para petani.

“Jadi dengan melepas harga Rp. 5.000 tapi keuntungannya sama ketika dia (petani) melepas harga Rp. 6.000,” kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga