Yaya, Kembali Latih Fisik

BANDUNG – Latihan fisik skuad Persib Bandung di GOR Pajajaran, kota Bandung langsung dipimpin pelatih Yaya Sunarya. Sebelumnya, selama hampir dua pekan, Yaya absen melatih lantaran sedang menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC di Sawangan, Depok.

Adanya pelatihan tersebut diakui dirinya, banyak memberikan manfaat. Dikatakan dia, dalam pelatihan tersebut ada sebanyak tiga modul yang diberikan, namun dirinya baru mengikuti modul pertama. ”Selama saya di sana tentu banyak ilmu yang saya petik. Kursus ini dibagi menjadi tiga modul. Nah yang sudah saya ikuti ini modul pertama saya,” kata Yaya usai latihan dilansir vikingpersib, kemarin.

Secara umum, kursus kepelatihan lisensi yang diikutinya mengambarkan bagaimana seseorang bisa menjadi pelatih dan apa saja yang harus dilakukan hingga dapat mengemban jabatan itu. ”Salah satunya seperti bagaimana cara mempersiapkan bila bertemu dengan manajemen. Tentunya kita harus mempersiapkan program, target dan apa yang akan kita perbuat. Pada intinya lebih banyak kepersiapan menjadi pelatih,” jelasnya.

Kursus kepelatihan lisensi A AFC yang telah dijalaninya merupakan tahap pertama. Dia akan kembali absen pada tahap berikutnya akan akan digelar Juli mendatang. ”Terakhir itu nanti di bulan Juli. Nah itu tambahan dan ada juga praktik dan dua ujian dimodul kedua,” tuntas dia.

Sementara yang menjadi kendala dalam sesi latihan kemarin, yakni soal fasilitas latihan. Maung Bandung terpaksa harus menjalani program latihan di lapangan basket. Mario Gomez terpaksa membawa skuadnya masuk ke GOR Pajajaran lantaran hujan deras yang mengguyur Bandung dan sekitarnya kemarin (5/3). GOR bersejarah tersebut biasanya digunakan untuk pertandingan bola basket, bola voli, pencak silat, karate dan ajang olahraga indoor lainnya.

Awalnya kata Gomez, para pemain dijadwalkan melahap program latihan fisik di lintasan atletik Pajajaran. Meski harus mengungsi ke GOR Pajajaran, tapi Gomez tak terlalu mempermasalahkannya. ”Iya tidak apa-apa, karena materi latihannya hanya sebatas fisik saja, seperti lari-lari kecil, sebenarnya kita ingin berlatih di luar, namun hujan deras. Satu jam kita latihan disini, tidak masalah untuk hari ini,” jelas Gomez.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan